Jawa Pos

Rekomendas­i Riasan Pengantin Berkulit Hitam

-

SURABAYA – Tren sekaligus teknik riasan wajah selalu berganti dan berubah. Menyesuaik­an masa dan selera. Salah seorang make-up artist (MUA) senior asal Surabaya, Yohanes Soelarso, menyatakan bahwa saat ini tren yang lagi hype adalah memanjangk­an bentuk mata lewat pembuatan winged eyeliner dari sudut luar mata. ”Bulu matanya juga mesti dibuat dengan sisi luarnya agak lebih panjang, bukan panjang lentiknya. Dengan begitu, bentuk mata bulat maupun sipit bisa terlihat lebih panjang dan punya ekspresi,” ujarnya kepada Jawa Pos kemarin (11/10). Istimewany­a, Yohanes mengaplika­sikan tren riasan yang sedang naik daun itu pada wajah berkulit hitam dengan tema Bollywood.

Dia mengakui, merias kulit eksotis memang butuh keterampil­an dan feeling khusus. Terutama saat nge-blend foundation, contour, maupun compact powder. ”Sekaligus yang makan paling banyak waktu itu di bagian percampura­n warna foundation dan contour karena harus betul-betul tepat. Salah sedikit bisa mengubah semuanya. Tone-nya dicoba sedikit demi sedikit, sudah pas apa belum. Kalau kurang, ditambahi warnanya,” paparnya.

Supaya wajah berkulit hitam tetap fresh dan natural, Yohanes menaikkan tone warna make-up setengah saja dari tone warna kulit asli. Menurut dia, kalau dinaikkan satu tone, warna alami kulit wajah bisa berubah. ”Untuk wajah gelap yang minta lebih putih saat wedding, pasti saya kasih saran terbaik. Kalau terlalu diubah putih, bisa jadi hasilnya malah abu-abu. Jadi, exotic millennial make-up bisa jadi rekomendas­i bagi pengantin berwajah gelap untuk tetap tampil cantik natural. Intinya, jangan terlalu banyak mengubah warna,” tuturnya.

 ?? YOHANES SOELARSO FOR JAWA POS ?? BOLLYWOOD: Model Ade Ayu Anantasya dalam pulasan make-up MUA Yohanes Soelarso.
YOHANES SOELARSO FOR JAWA POS BOLLYWOOD: Model Ade Ayu Anantasya dalam pulasan make-up MUA Yohanes Soelarso.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia