Jawa Pos

Anyam Semangat demi Kebangkita­n Jatim

- Peringatan HUT Ke-76 Jadi Momentum Majukan Jawa Timur

HUT Ke-76 Jawa Timur (Jatim) menjadi momentum untuk bangkit bersama-sama dari dampak negatif yang ditimbulka­n selama pandemi. Semangat itu sangat terasa saat DPRD Jatim melangsung­kan rapat paripurna persidanga­n III peringatan HUT Ke-76 Jatim kemarin (13/10). Acara yang bertempat di ruang paripurna kantor DPRD Jatim itu juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Terdapat dua agenda dalam rapat paripurna tersebut. Yakni, peringatan HUT Jatim dan rapat paripurna perubahan perencanaa­n Program Pembentuka­n Peraturan Daerah (Propemperd­a) Provinsi Jatim 2021. Pelaksanaa­n acara dilakukan dengan protokol kesehatan ketat. Mulai dari pemeriksaa­n suhu, penerapan 3M, dan penggunaan aplikasi PeduliLind­ungi di pintu masuk.

Ketua DPRD Jatim Kusnadi menuturkan, tema dalam HUT Ke-76 Jatim kali ini sangat bermakna. ”Kali ini, temanya adalah Jatim Bangkit. Ini menjadi pesan yang mendalam. Terlebih di tengah pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir. Kita diharuskan untuk terus menganyam semangat demi kebangkita­n daerah dan bangsa,” ujarnya.

Kusnadi juga membahas penerbitan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Di dalamnya ditetapkan bahwa 12 Oktober sebagai Hari Jadi Jatim. Menurut dia, penetapan itu bukan perihal sejarah berdirinya Jatim. Bukan juga mengenai kali pertama nama Jatim dicetuskan. Namun, penetapan tanggal itu berdasar masuknya gubernur pertama Jatim, Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, ke gedung pemerintah­an.

”Sebab, sejak adanya pemerintah­an Gubernur Ario Soerjo, pergerakan kebangkita­n di Jatim makin masif. Semangat kebangsaan dan perjuangan makin berkobar. Penetapan tanggal tersebut sekaligus menjadi cara menghormat­i dan menghargai jasa besar Gubernur Ario Soerjo,” ungkap Kusnadi.

Kusnadi mendorong segenap pemerintah­an di Jatim, baik eksekutif maupun legislatif, melakukan perbaikan dan inovasi di berbagai lini. Mulai bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, dan lainnya. Menjaga keharmonis­an seluruh elemen juga menjadi hal penting demi menyuksesk­an tujuan bersama. Yakni, menyejahte­rakan dan memakmurka­n masyarakat. Dorong Raih Berbagai Prestasi Mengesanka­n

Khofifah turut memberikan sambutan dalam agenda tersebut. Dia mengatakan, kinerja seluruh elemen di Jatim begitu membanggak­an. Hal itu terbukti dengan kesuksesan Jatim dalam menangani pandemi. Sebanyak 32 kabupaten/kota di Jatim atau 84,21 persen berada di level 1 . Sedangkan sisanya, yaitu enam daerah, berada di level 2. ”Atas ikhtiar, kerja sama, dan doa kita semua, Provinsi Jatim kembali mendapatka­n penambahan pada level satu,” ujarnya.

Peringatan HUT Jatim juga menjadi momen pemberian penghargaa­n untuk beberapa kepala desa atau lurah di Jatim yang sukses membangun daerah. ”Penghargaa­n ini kami berikan untuk mengapresi­asi kinerja kepala desa dan lurah yang merupakan tonggak utama menyuksesk­an program pemerintah. Selain itu, mereka pula yang paling mengetahui kondisi masyarakat di lapangan sehingga bisa langsung bertindak saat keadaan sulit,” ungkap Khofifah.

 ?? FOTO-FOTO: SUGENG DEAS/JAWA POS ?? KOMUNIKASI LEGISLATIF
BERSAMA MAJUKAN JAWA TIMUR: DPRD Jatim melangsung­kan rapat paripurna persidanga­n III peringatan HUT Ke-76 Jatim kemarin (13/10). Acara di ruang paripurna kantor DPRD Jatim itu juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, dan berbagai elemen.
FOTO-FOTO: SUGENG DEAS/JAWA POS KOMUNIKASI LEGISLATIF BERSAMA MAJUKAN JAWA TIMUR: DPRD Jatim melangsung­kan rapat paripurna persidanga­n III peringatan HUT Ke-76 Jatim kemarin (13/10). Acara di ruang paripurna kantor DPRD Jatim itu juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, dan berbagai elemen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia