Jawa Pos

Neymar, Jangan Pensiun Dulu

-

MANAUS – Neymar Jr menjadi sorotan jelang laga Brasil melawan Uruguay di kualifikas­i Piala Dunia 2022 besok pagi. Bukan karena performany­a yang sedang mentereng. Melainkan pernyataan­nya yang mengejutka­n fans Samba, julukan timnas Brasil. Bomber Paris SaintGerma­in (PSG) itu menyatakan ingin pensiun dari timnas Brasil seusai perhelatan Piala Dunia 2022. ”Piala Dunia 2022 sepertinya adalah turnamen terakhir yang saya ikuti,” kata Neymar beberapa hari lalu.

Neymar sepertinya merasakan ekspektasi fans yang terlalu tinggi terhadap dirinya. Sebagai salah satu talenta terbaik yang dimiliki Brasil saat ini, dia belum pernah memberikan trofi bergengsi buat Samba. Dua kali dia tampil di Piala Dunia (2014 dan 2018), dua kali pula dia gagal meraih trofi.

Nah, pernyataan itu membuat rekan setimnya panik. Sejumlah pernyataan dari beberapa penggawa Brasil pun muncul. Intinya, mereka meminta Neymar terus bermain bersama Brasil. ”Kami ingin dia tinggal bersama kami selama bertahun-tahun,” kata Fred, gelandang Brasil, kepada Mirror.

”Tetapi, sulit menebak isi kepala orang lain. Terkadang pemain memang menghadapi tekanan besar. Bukan hanya Neymar, tetapi juga (Lionel) Messi, Cristiano Ronaldo. Yang pasti, kami ingin dia di sini. Dia adalah salah satu pemain terbaik yang pernah kami lihat di Brasil,” paparnya.

Dukungan juga disampaika­n striker Brasil Richarliso­n. Bomber Everton tersebut saat ini masih absen karena cedera lutut. Dia mengungkap­kan pernyataan­nya tentang Neymar lewat tweet gambar spanduk yang dibawa para penggemar di Manaus. Spanduk itu berbunyi: ”Neymar, jika Anda bermain di surga, saya akan mati untuk menonton Anda.”

Bek Thiago Silva juga meminta fans tak memberikan tekanan terhadap Neymar. ”Kami sepertinya banyak melupakan apa yang telah dia lakukan di lapangan. Dan terlalu fokus pada hal-hal yang tidak penting,” sindir Silva menyikapi tekanan dari publik Brasil terhadap Neymar. ”Ini situasi yang sulit,” kata Silva saat konferensi pers.

 ?? ?? SEDANG TERTEKAN: Neymar (kanan) melakukan pemanasan sebelum laga melawan Peru di Pernambuco Arena, Recife, pada 9 September lalu.
SEDANG TERTEKAN: Neymar (kanan) melakukan pemanasan sebelum laga melawan Peru di Pernambuco Arena, Recife, pada 9 September lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia