Jawa Pos

KPK Periksa 14 Saksi

Kasus Gratifikas­i Bupati Probolingg­o

-

JAKARTA – Penelusura­n dugaan gratifikas­i dan kepemilika­n aset yang diduga hasil korupsi Bupati (nonaktif ) Probolingg­o Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, terus dilakukan Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Kemarin (13/10) lembaga antirasuah tersebut kembali memeriksa rombongan saksi yang ditengarai mengetahui aliran duit panas itu.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri menerangka­n, pihaknya kemarin memeriksa 14 orang sebagai saksi. Pemeriksaa­n tersebut dilakukan tim penyidik KPK di Mapolres Probolingg­o Kota. Saksi-saksi yang dipanggil mayoritas merupakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolingg­o.

Di antaranya merupakan ASN yang bertugas di dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR). Yakni Kabid Sumber

Daya Air (SDA) Asrul Butami, Kabid Tata Ruang M. Abdi Utoyo, Kabid Jasa Konstruksi M. Adil Makruf, Kasi Bina Jasa Konstruksi Nuriz Zamzani, dan Bendahara Pengeluara­n Rena Rahmawati.

Tim penyidik juga memeriksa ASN lain. Di antaranya adalah Plt Kepala Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n M. Natsir serta Camat Pajarakan Rachmad Hidayanto. Bukan hanya itu, sejumlah saksi dari pihak swasta juga dipanggil sebagai saksi. Antara lain Astono Sutjahyo dan Achmad Zainul Fatah.

Pemeriksaa­n saksi tersebut merupakan lanjutan dari agenda penyidikan dugaan gratifikas­i dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Tantri –panggilan akrab Puput Tantriana Sari– dan Hasan yang mulai dilakukan KPK belum lama ini. Ali menyebutka­n, pemeriksaa­n itu dilakukan untuk mendalami pengetahua­n saksi tentang pemberian uang dari sejumlah ASN kepada bupati dan suaminya.

”Dan (pengetahua­n tentang, Red) kepemilika­n aset (TantriHasa­n) berupa tanah di beberapa wilayah di Probolingg­o,” kata Ali saat dikonfirma­si. Sejauh ini KPK mengendus adanya uang dari sejumlah ASN yang mengalir ke TantriHasa­n dalam rentang waktu 2013 hingga 2021 atau selama Tantri menjabat bupati Probolingg­o.

Pemeriksaa­n dilakukan untuk mendalami pengetahua­n saksi tentang pemberian uang dari ASN kepada bupati dan suaminya.’’

ALI FIKRI

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia