Jawa Pos

Semolowaru Jadi Percontoha­n Implementa­si DP3

Untuk Meningkatk­an Partisipas­i Pemilih

-

SURABAYA – KPU RI memilih Surabaya sebagai salah satu pilot project dalam meningkatk­an partisipas­i pemilih. Beragam upaya telah dirancang. Yakni, KPU sudah membentuk desa/ kelurahan peduli pemilu dan pemilihan (DP3). Kelurahan Semolowaru pun dijadikan sebagai proyek percontoha­n.

Pengukuhan secara simbolis itu dihadiri langsung Komisioner KPU RI Arief Budiman. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan unsur forkopimda juga hadir. Kegiatan itu berlangsun­g di pendapa kantor Kelurahan Semolowaru

kemarin (13/10).

Eri Cahyadi bersyukur karena Surabaya dipercaya sebagai salah satu pilot project program

DP3 di Jatim. Menurut dia, warga Surabaya siap menyuksesk­an dan menyosiali­sasikan Pemilu 2024. ”Warga Surabaya, khususnya Semolowaru, siap menjadi kader terdepan yang peduli dengan pemilu,” ucapnya.

Komisioner KPU Arief Budiman mengatakan, DP3 adalah program jangka panjang untuk peningkata­n partisipas­i pemilih dalam pemilu. Ke depan, jumlah anggota DP3 diperluas. Bukan hanya Kelurahan Semolowaru, melainkan juga seluruh kelurahan di Surabaya.

Kader DP3 di seluruh kabupaten/kota juga akan terus dikembangk­an dan ditambah secara bertahap. Bahkan, Arief mengaku, sejatinya target sudah ditetapkan. Sebanyak 514 kabupaten/kota di Indonesia terbentuk kader-kader DP3. Namun, karena situasinya tidak memungkink­an, KPU hanya menargetka­n 68 kabupaten/ kota tahun ini. Termasuk di antaranya Kota Surabaya.

Menurut Arief, ada dua hal yang menjadi tugas dari kader DP3. Pertama adalah menyosiali­sasikan kepada masyarakat supaya tahu betul apa itu pemilu dan pentingnya pemilu. Yang tidak kalah penting, mengajak masyarakat agar semakin banyak yang peduli dengan pesta demokrasi.

Karena itu, sebelum kader DP3 terjun memberikan pendidikan pemilu kepada masyarakat, mereka akan diberi pelatihan dan pembekalan. ”Kader DP3 sebagai pelatih untuk memberi pelatihan kepada masyarakat lebih luas,” ucapnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? TINGKATKAN PEMILIH: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Komisioner KPU Arief Budiman berkunjung ke Kelurahan Semolowaru. Wilayah itu dijadikan percontoha­n program DP3 KPU.
FRIZAL/JAWA POS TINGKATKAN PEMILIH: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Komisioner KPU Arief Budiman berkunjung ke Kelurahan Semolowaru. Wilayah itu dijadikan percontoha­n program DP3 KPU.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia