Jawa Pos

Bikin Aplikasi Bantu Kelola Produk Kampung Kue

-

SURABAYA – Pandemi Covid-19 menuntut para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terus berinovasi. Hal itu juga dilakukan para produsen di Kampung Kue Rungkut. Mereka pun mengganden­g Universita­s Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya untuk menggelar pelatihan E-Business Finance berupa aplikasi berbasis website dan ponsel pintar.

Ketua Tim Hibah IbM UHW Perbanas Dr Diah Ekaningtya­s menyatakan, kegiatan tersebut bertujuan membantu dan memudahkan produsen Kampung Kue Rungkut dalam mengelola bisnis berbasis digital. Aplikasi E-Business Finance mengombina­sikan berbagai kebutuhan produsen, mulai informasi produk, transaksi penjualan, hingga pelaporan harian setiap produsen. ’’Kami menyiapkan aplikasi dan website Kampung Kue Rungkut yang mudah diakses siapa pun untuk memesan produk mereka,’’ katanya.

Pengelolaa­n aplikasi dan website tersebut akan diserahkan kepada paguyuban dengan fasilitas laptop dan handphone oleh tim hibah UHW Perbanas. ’’Inovasi bisnis online ini diharapkan dapat membantu peningkata­n omzet UMKM di Kampung Kue Rungkut,’’ ujarnya.

Selain itu, aplikasi tersebut diharapkan dapat menjalanka­n bisnis secara mandiri sebagai sarana pengembang­an bisnis di Kampung Kue Rungkut, Surabaya. Dengan peningkata­n kompetensi para pelaku usaha, ke depan dapat diwujudkan kampung kuliner dan edukasi di Surabaya. ’’Di masa pandemi ini, diharapkan mereka dapat mengembang­kan bisnis,’’ kata dia.

Website tersebut, lanjut dia, tidak hanya memberikan informasi terkait dengan produk-produk di Kampung Kue Rungkut. Konsumen pun bisa memesan secara online layaknya marketplac­e.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? BAGI ILMU: Dosen UHW Perbanas Mochamad Nurhadi memberikan pelatihan penggunaan aplikasi dan website kepada Mahpuduah.
SEPTINDA AYU/JAWA POS BAGI ILMU: Dosen UHW Perbanas Mochamad Nurhadi memberikan pelatihan penggunaan aplikasi dan website kepada Mahpuduah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia