Jawa Pos

Vaksinasi Dosis Pertama Tembus 70 Persen

Kategori Lansia Tinggal 24 Ribu Lagi

-

SIDOARJO – Vaksinasi umum dosis pertama di Kabupaten Sidoarjo sudah mencapai target. Menurut Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, angkanya sudah melebihi target 1.120.000 orang atau 70 persen dari 1,6 juta sasaran. Kini Pemkab Sidoarjo tinggal menuntaska­n target vaksinasi untuk kategori lansia atau mereka yang berusia lebih dari 60 tahun.

Sampai saat ini, vaksinasi lansia mencapai kisaran 126.000 orang atau 42 persen dari 250.000 sasaran lansia. Targetnya, 60 persen dari total sasaran lansia. Karena itu, dibutuhkan 24 ribu lagi agar status Sidoarjo berubah ke PPKM level 1. Sesuai dengan ketentuan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47, sebuah wilayah dinyatakan berstatus PPKM level 1 jika cakupan vaksinasi umum dosis pertama mencapai 70 persen dan vaksinasi lansia 60 persen dosis pertama.

Muhdlor menyatakan, pemkab dan Polresta Sidoarjo akan mengurangi vaksinasi yang terpusat di kota saja. Vaksinasi akan difokuskan jemput bola masuk ke desa-desa. ’’Jemput bola ini lebih efektif untuk vaksinasi lansia,’’ katanya saat meninjau gebyar vaksinasi di Balai Wartawan Sidoarjo kemarin. Targetnya, dalam satu hari, 5.000 lansia divaksin. Karena itu, paling lambat 6 hari, status Sidoarjo akan turun dari PPKM level 2 ke PPKM level 1.

Dia mengimbau warga yang memiliki orang tua lansia bisa segera didaftarka­n untuk vaksinasi. Sementara itu, sebelumnya Pemkab Sidoarjo mendapat bantuan 22 unit mobil gerai vaksin dari Pemkot Surabaya dan Polrestabe­s Surabaya. Karena sudah 70 persen, hari ini mobil tersebut, termasuk tenaga kesehatann­ya, sudah tidak lagi melayani di Sidoarjo. ’’Geser ke Kabupaten Bangkalan,’’ katanya. Tujuannya, mempercepa­t vaksinasi di wilayah aglomerasi Surabaya Raya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia