Jawa Pos

Tiga Pekan Tak Terima Pemberitah­uan Sidang Prokes

- Upaya BPR Delta Artha Sidoarjo Bentuk Herd Immunity

SIDOARJO – Sidang bagi warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes) tidak lagi dilaksanak­an setiap pekan. Sudah dua minggu, proses persidanga­n tindak pidana ringan (tipiring) bagi warga yang tidak memakai masker itu tidak digelar. Kemarin (13/10) pihak kejaksaan yang selalu hadir dalam sidang sebagai eksekutor juga belum menerima pemberitah­uan sidang.

”Biasanya, sehari sebelum sidang sudah ada surat pemberitah­uan,’’ kata Kasipidum Kejari Sidoarjo Gatot Haryono. Sidang tipiring biasanya dilaksanak­an setiap Kamis di gedung indoor GOR Delta. Tapi, sudah dua kali Kamis dalam dua pekan, tidak ada pemberitah­uan sidang. Hari ini pun tidak ada informasi tentang pelaksanaa­n sidang tipiring bagi warga.

Meski sudah lama tidak terlaksana, hingga kemarin masih ada warga yang datang ke loket pembayaran denda kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo. Mereka membayar denda pelanggara­n prokes pada sidang sebelumnya. Bahkan, ada yang sidangnya sudah lebih dari satu bulan baru membayar denda.

”Tidak ada batasan waktu untuk melakukan pembayaran denda. Ada warga yang divonis sejak tahun lalu, tapi sampai sekarang juga belum membayar denda,’’ lanjut Gatot. Pihak kejaksaan masih menyimpan barang bukti (BB) yang disita saat warga terjaring razia.

Sebagian besar BB berupa kartu tanda penduduk (KTP). KTP itu bakal diberikan saat denda telah terbayar.

Dalam beberapa sidang terakhir di GOR Delta, jumlah pelanggar yang terjaring razia terus berkurang. Tidak sampai 500 orang setiap sidang. Padahal, sebelumnya pelanggar yang dipanggil untuk sidang lebih dari jumlah tersebut.

Kepala Satpol PP Sidoarjo Widyantoro sebelumnya menyatakan bahwa sidang yustisi tetap berjalan. Namun, karena jumlahnya terus berkurang dan hanya sedikit, tempat sidang yustisi dialihkan. Tidak lagi di GOR Delta, tapi di kantor satpol PP. Hanya, rencana sidang di tempat baru tersebut belum terlaksana.

Delta Artha Sidoarjo bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Timur mengadakan vaksinasi dosis kedua dengan menggunaka­n vaksin Sinovac untuk 5 ribu warga Sidoarjo. Berlangsun­g di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Rabu (13/10), kegiatan itu bertujuan menyuksesk­an program penanganan pandemi yang dikampanye­kan pemerintah.

’’Kami bersyukur bisa bekerja sama dengan OJK dalam penuntasan vaksinasi dosis pertama dan kedua di Sidoarjo,’’ kata Direktur Utama BPR Delta Artha Sidoarjo Sofia Nurkrisnaj­ati Atmaja.

Dia menuturkan, vaksinasi massal yang dihadiri Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali SIP, Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro SH SIK, dan Deputi Direktur Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 2 OJK Armen tersebut merupakan bentuk sinergi untuk mempercepa­t program vaksinasi Covid-19 agar kekebalan kelompok segera terbentuk. Hal itu sesuai dengan target pemerintah tahun ini.

”Kami menyiapkan berapa pun permintaan dari BPR Delta Artha. Kalau tahap pertama 5 ribu vaksin sudah dipenuhi, maka tahap selanjutny­a 5 ribu vaksin juga akan kami sediakan,” ungkap Armen.

BUMD Sidoarjo tersebut juga membuka stan untuk para pelaku UMKM di venue agar para pelaku usaha di Kota Delta bisa mempromosi­kan produk mereka dan roda perekonomi­an bisa kembali pulih. ’’Ini merupakan upaya kami untuk menggeliat­kan gairah ekonomi pelaku usaha di masa pandemi,’’ papar Sofia.

Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali SIP yang biasa disapa Gus Muhdlor mengapresi­asi vaksinasi massal yang diadakan BPR Delta Artha Sidoarjo. Dia mendorong para stakeholde­r lainnya ikut mendukung percepatan vaksinasi. Sebab, vaksinasi massal merupakan bentuk ikhtiar dalam menangani pandemi.

Cakupan vaksinasi dosis pertama di Sidoarjo sudah mencapai 68 persen dan dosis kedua 40 persen. ’’Untuk lansia, kurang 1,3 persen targetnya. Sebentar lagi Sidoarjo sudah memasuki PPKM level 1. Tinggal 2 persen lagi dosis pertama cakupan vaksinasi yang harus dicapai,’’ katanya.

Saat ini Sidoarjo berstatus PPKM level 2. Pemkab Sidoarjo meminta masyarakat proaktif mengikuti vaksinasi. ”Kami ingin target herd immunity 70 persen masyarakat Sidoarjo dapat tercapai secepat mungkin,’’ imbuh Gus Muhdlor.

SINERGI: Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali, Komisaris BPR Delta Artha Sidoarjo Suradi dan Basuki, Dirut BPR Delta Artha Sidoarjo Sofia Nurkrisnaj­ati Atmaja, Deputi Direktur LJK 2 OJK Armen, Kapolres Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro, serta Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarm­an Sp Pros hadir dalam acara vaksinasi massal.

 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? MASIH AKTIF: Warga membayar denda di loket pembayaran denda di Kejari Sidoarjo kemarin.
MAYA APRILIANI/JAWA POS MASIH AKTIF: Warga membayar denda di loket pembayaran denda di Kejari Sidoarjo kemarin.
 ?? BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS ??
BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS
 ?? BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS ??
BPR DELTA ARTHA SIDOARJO FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia