Jawa Pos

Awali di Bulgaria, Bukan di Indonesia

-

SURABAYA – Suara melengking Denden Gonzalez menggempar­kan panggung The Voice Bulgaria. Pria asal Bandung itu sukses membawakan lagu She’s Gone milik grup band Steelheart. Empat coaches yang sudah terpukau sejak awal Denden bernyanyi tanpa ragu memutar kursi.

Pemilik nama asli Denden Samsuhenda­r itu menjatuhka­n pilihannya pada Lubo Kirov sebagai coaches. Dia sudah lama mengikuti Kirov dan karya-karyanya. Sayang, laju Denden harus berhenti di babak awal. ”Lolos sampai blind stage setelah itu didiskuali­fikasi, tapi nggak jelas. Saya nggak tahu kenapa,” ujar Denden.

Kepada Jawa Pos, Denden menceritak­an perjalanan karier bermusikny­a hingga bisa terbang ke Bulgaria. ”Ibu angkat saya dari Bulgaria yang awalnya mengikuti perkembang­an saya dari YouTube dan media sosial. Beliau mengajak saya liburan ke sana dan kebetulan sedang ada kompetisi The Voice dan saya disuruh ikut,” ungkap Denden melalui pesan Jumat (15/9) lalu.

Nama Denden sendiri sudah dikenal sebagai YouTuber. Dia kerap meng-cover lagu-lagu rock. Vokal khas Denden pun mendapat atensi dari banyak orang di dunia. ”Kalau melihat grafik orang yang mengikuti saya, kebanyakan dari Filipina dan Eropa. Jadi, malah nggak pede kalau ikut The Voice di Indonesia,” tutur bapak satu anak itu.

Kesungguha­nnya menggeluti dunia tarik suara membawa Denden berkarya hingga Malaysia. Dia bahkan dikontrak label rekaman Malaysia Datu Entertainm­ent. Di negeri sendiri, Denden beberapa kali muncul di program televisi. Sejumlah musisi tanah air, mulai Ian Kasela, Judika, hingga Inka Christie, juga pernah berduet dengannya.

Dalam waktu dekat, Denden kembali bertolak ke Bulgaria. Dia mendapat tawaran untuk rekaman lagu berbahasa Inggris. ”Bukan Lubo Kirov yang akan memproduse­ri saya, tetapi ada produser lain yang belum bisa saya sebut namanya,” jelasnya.

Ke depan, Denden ingin terus berkarya. Denden berharap bisa menembus pasar rock internasio­nal dengan memulai langkah besarnya dari Bulgaria.

 ?? ?? BERTUALANG: Musisi Indonesia Denden Samsuhenda­r alias Denden Gonzalez saat mengikuti The Voice Bulgaria.
BERTUALANG: Musisi Indonesia Denden Samsuhenda­r alias Denden Gonzalez saat mengikuti The Voice Bulgaria.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia