Jawa Pos

Transparan­si Kunci Hindari Intervensi

Hari Ini Timsel Buka Pendaftara­n Calon Anggota KPU-Bawaslu

-

JAKARTA – Masa pendaftara­n calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mulai dibuka hari ini (Senin, 17/10). Tim seleksi (timsel) diminta menjalanka­n proses secara transparan dan akuntabel.

Peneliti Perkumpula­n untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Fadli Ramadhanil mengatakan, proses di timsel sangat krusial. Sebab, di tahap itulah wajah penyelengg­araan Pemilu 2024 akan tecermin. Hal tersebut harus dipahami seluruh anggota timsel. ”Transparan­si dan akuntabili­tas harus dipastikan,” ujarnya dalam diskusi virtual kemarin (17/10).

Berdasar jadwal yang disusun, lanjut Fadli, proses di timsel akan berlangsun­g hingga akhir Desember 2021. Praktis, timsel hanya punya waktu sekitar tiga bulan. Meski tidak banyak, dia meminta partisipas­i publik tidak diminimalk­an. ”Jangan sampai waktu mepet jadi alasan membuat proses tak transparan,” imbuhnya.

Fadli juga mengingatk­an timsel untuk fokus mencari sosok-sosok yang punya kompetensi. Tidak hanya fokus pada kepentinga­n kelompok tertentu. Sebab, penyelengg­ara pemilu bukan lembaga representa­si yang harus mengakomod­asi kepentinga­n banyak kelompok.

Direktur Pusat Studi Konstitusi Universita­s Andalas (Pusako Unand) Feri Amsari menambahka­n, komposisi timsel KPU-Bawaslu yang dibentuk presiden sempat menciptaka­n skeptisism­e publik. Untuk itu, timsel harus membangun kepercayaa­n dengan kinerja. ”Ketidakper­cayaan publik harus dijawab dengan baik,” tuturnya.

Salah satu prinsip yang harus dipegang adalah transparan­si. Feri mendorong timsel mampu terbuka. Bahkan, dia mengusulka­n setiap tahapan tes yang bersifat kompetensi dibuka ke publik. Contohnya tes makalah. Perlu juga dibeberkan agar parameter yang digunakan bisa dinilai. ”Apa standarnya, dasar penilaian,” imbuhnya. Dengan begitu, timsel tidak bekerja dalam ruang yang tertutup.

Pakar hukum tata negara Universita­s Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar menjelaska­n, proses seleksi sangat krusial. Dia berharap pemerintah tidak mencoba melakukan intervensi kepada timsel. ”Karena ini adalah polesan substantif, bukan polesan politisnya,” kata aktivis antikorups­i itu.

Zainal mengakui, dalam proses menentukan seperti seleksi penyelengg­ara, tarik-menarik kepentinga­n sulit dihindari. Dia berharap proses politik cukup berlangsun­g di DPR, yakni melalui fit and proper test. ”Kalau ada kepentinga­n politik presiden, masuklah melalui parpol pendukung presiden di fit and proper test, jangan di sini,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Uceng itu berharap timsel bisa menghasilk­an komposisi terbaik. Jika nama-nama yang diusulkan semuanya kompeten, dia yakin DPR akan kesulitan untuk menyelundu­pkan kepentinga­n tertentu.

Sementara itu, Ketua Timsel Juri Ardiantoro memastikan bahwa pihaknya akan bekerja secara independen. Bahkan, demi memperkuat hal itu, pihaknya tengah menyusun pakta integritas untuk semua anggota timsel. ”Nanti akan menjadi pegangan dalam bekerja,” ujarnya.

Untuk diketahui, proses pendaftara­n yang dibuka hari ini akan berlangsun­g hingga 15 November 2021. Ada tiga kanal yang bisa digunakan masyarakat untuk mendaftark­an diri, yakni datang langsung ke sekretaria­t timsel di kantor Kemendagri, via pos, dan melalui laman https://seleksi kpubawaslu.kemendagri.go.id.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia