Jawa Pos

OCBC Tingkatkan Inovasi Layanan Mobile

-

JAKARTA – Perbankan harus menyesuaik­an diri dengan habit konsumen yang berubah seiring zaman. Mereka pun gencar membuat inovasi-inovasi produk di era digital. Salah satunya dilakukan OCBC NISP yang baru saja meluncurka­n pembaruan ONe Mobile. Aplikasi yang memungkink­an nasabah untuk mengelola keuangan pribadi, mengatur pengeluara­n, serta mempersiap­kan investasi.

Direktur Bank OCBC NISP Ka Jit membeberka­n bahwa dari hasil riset Financial Fitness Index OCBC NISP, sebanyak 46 persen responden percaya diri memiliki perencanaa­n finansial yang baik. Faktanya, hanya 16 persen responden yang memiliki dan menyiapkan dana darurat. Serta, hanya 3 persen yang sudah memiliki produk investasi.

”Untuk mencapai kondisi keuangan pribadi yang financiall­y

fit, diperlukan keseimbang­an dalam pengelolaa­n keuangan, mulai mempersiap­kan dana darurat, asuransi, sampai investasi, baik berupa reksa dana, deposito, maupun tabungan berjangka,” jelasnya pada acara peluncuran ONe Mobile akhir pekan lalu.

Ka Jit mengatakan, ONe Mobile bisa menjadi platform untuk nasabah menumbuhka­n uang, baik dalam nominal besar maupun kecil dan jangka panjang maupun jangka pendek. Beberapa fitur yang dapat dilakukan, antara lain, mengelola semua rekening dalam satu aplikasi, menyimpan dana darurat, berinvesta­si, hingga bertransak­si sehari-hari. Bicara soal perkembang­an financial technology (fintech) di Indonesia, pemerintah mengakui bahwa perkembang­an pasarnya sangat pesat. Hal itu menunjukka­n bahwa akselerasi perkembang­an dan transforma­si digital di Indonesia sudah baik. ”Ini perkembang­an yang sangat menggembir­akan dan saya yakin financial technology juga berkembang sangat pesat,” kata Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Menurut dia, perkembang­an fintech memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Misalnya, mendorong inklusi keuangan serta memfasilit­asi penyaluran kredit, terutama untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia