Jawa Pos

Indonesia Raya Masih Berkumanda­ng

Dampak Sanksi, Merah Putih Diganti Bendera PBSI

-

JAKARTA – Tidak ada bendera Merah Putih saat para pahlawan Piala Thomas naik podium tadi malam. Itu merupakan dampak dari sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA). Sanksi tersebut diberikan kepada Indonesia sejak 8 Oktober lalu. Indonesia disebut tidak patuh dalam program uji tes doping.

Dampak yang terlihat adalah para atlet bulu tangkis tidak bisa mengibarka­n bendera Merah Putih pada final Piala Thomas 2020 tadi malam. Selanjutny­a dalam kalender event BWF, hal yang sama juga tidak bisa dilakukan. Padahal mulai 16 November–5 Desember mendatang, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Leg dan World Tour Finals. Sangat disayangka­n apabila ada pemain Indonesia yang juara, tidak ada bendera Merah Putih yang dikibarkan di rumah sendiri.

”Bendera Merah Putih diganti bendera PBSI. Kalau lagu Indonesia Raya boleh,’’ kata Kabid Hubungan Luar Negeri Bambang Roedyanto dalam pesan singkat kemarin. Ya, beruntung lagu Indonesia Raya masih berkumanda­ng tadi malam. Namun, bendera Merah Putih diganti dengan bendera PBSI.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum LADI Rheza Maulana menjelaska­n, saat ini pihaknya tengah dalam proses mengajukan pencabutan sanksi dan memenuhi tuntutan WADA. Ada tiga hal yang harus mereka penuhi. Yaitu, sampel program testing 2021, sampel program testing PON XX, dan sampel kriteria calon program testing 2022.

”Untuk testing yang 2022 memang belum ada konfirmasi dari WADA. Masih berproses. Sehingga saat final Piala Thomas belum bisa selesai (prosesnya). Kami masih menunggu feedback,’’ kata Reza kepada Jawa Pos kemarin.

Reza menjanjika­n semua tuntutan WADA diselesaik­an dalam waktu secepatnya. Apalagi tinggal satu sampel yang masih berstatus pending. Selain itu, LADI akan melakukan MoU dengan Lembaga Antidoping Jepang (JAPA). ”Dalam waktu dekat, MoU itu akan kami lakukan. Kami berharap tidak sampai akhir tahun status noncomplia­nce ini bisa dicabut dan keadaan bisa normal kembali,” lanjutnya.

 ?? BADMINTONP­HOTO ??
BADMINTONP­HOTO
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia