Jawa Pos

Harimau Direhabili­tasi tanpa Menghilang­kan Insting Liarnya

-

JAMBI – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi telah mengevakua­si harimau sumatera korban konflik. Dari desa di Kabupaten Merangin, selanjutny­a binatang yang dilindungi tersebut dibawa ke tempat penyelamat­an satwa BKSDA Jambi di Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi.

Harimau saat ini masih liar. BKSDA Jambi akan melakukan rehabilita­si dengan tetap menjaga insting liarnya. Harimau itu diharapkan dapat dikembalik­an ke habitat alamiahnya nanti.

”Diperkirak­an, penyebab harimau menyerang warga sekitar adalah habitatnya yang terganggu. Berdasar informasi yang kami terima, di Desa Guguk itu ada sekitar 25 orang yang memasuki habitat harimau untuk melakukan aktivitas penambanga­n ilegal,” ungkap Sahron, koordinato­r penyelamat­an satwa BKSDA, saat konferensi pers di TPS BKSDA Mendalo, Jambi, kemarin (17/10) seperti dilansir Jambi Ekspres.

Harimau yang diselamatk­an berjenis kelamin betina dengan panjang 180 sentimeter dan umur sekitar 10–12 tahun. Di kaki depan sebelah kanan, terdapat luka bekas jerat dengan kondisi badan kurus, lemah, dan memprihati­nkan.

Pada saat evakuasi, tidak dilakukan pembiusan karena kondisi harimau. Yang dilakukan adalah pemberian makan dan vitamin. Selanjutny­a, harimau itu diperiksa dan ternyata sudah beberapa waktu tidak mendapatka­n makanan. Pemeriksaa­n laboratori­um lengkap juga akan dilakukan untuk mengetahui kondisi mendalam kesehatan harimau tersebut.

Harimau itu terlibat konflik dengan warga yang mengakibat­kan dua korban meninggal dan satu orang luka-luka sejak September. Lokasi kejadian pertama merupakanh­utanDesaGu­guk.Insiden kedua dan ketiga terjadi di kebun karet milikwarga­diDesaAirB­atudanMaru­s Jaya.

 ?? BKSDA JAMBI ?? HEWAN DILINDUNGI: Tim BKSDA Jambi bersama dengan Kapolsek Sungai Manau, KPHP Merangin, Kodim Bangko, BBTNKS, FFI, dan masyarakat mengevakua­si harimau sumatera di Merangin (16/10). Foto kanan, harimau sumatera ditempatka­n di kandang penyelamat­an satwa Balai KSDA Jambi di Muaro Jambi kemarin (17/10).
BKSDA JAMBI HEWAN DILINDUNGI: Tim BKSDA Jambi bersama dengan Kapolsek Sungai Manau, KPHP Merangin, Kodim Bangko, BBTNKS, FFI, dan masyarakat mengevakua­si harimau sumatera di Merangin (16/10). Foto kanan, harimau sumatera ditempatka­n di kandang penyelamat­an satwa Balai KSDA Jambi di Muaro Jambi kemarin (17/10).
 ?? RIDWAN/JAMBI EKSPRES ??
RIDWAN/JAMBI EKSPRES

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia