Jawa Pos

Nasdem Target 10 Kursi, PKS Rombak Fraksi

-

SURABAYA – Pesta demokrasi serentak memang masih tiga tahun lagi. Namun, gaung kontestasi politik itu mulai terasa. Beberapa partai politik (parpol) mulai menggelar konsolidas­i. Mesin partai kembali dihidupkan untuk meraup suara warga.

Kemarin (17/10) DPD Nasdem Surabaya menggelar rapat kerja daerah (rakerda). Dalam kegiatan tersebut, sejumlah strategi pemenangan dirumuskan. Salah satunya, langkah menjadi pemenang dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024.

Ketua DPD Nasdem Surabaya Robert Simangunso­ng menuturkan, rakerda menjadi momen penting bagi Nasdem. Lewat kegiatan itu, seluruh kader diminta bergerak bersama. ”Menjaring suara masyarakat yang lebih luas,” ucapnya.

Nasdem menatap Pileg 2024 dengan optimistis. Robert yakin perolehan kursi partai bakal melambung. Jauh dibandingk­an Pileg 2019 yang hanya mendapatka­n tiga kursi. ”Targetnya 10 kursi. Minimal 7 kursi. Atau, sekurangny­a satu kursi di dapil,” tegasnya.

Mencapai target itu memang tidak mudah. Sebab, Nasdem bukan partai penguasa di metropolis. Namun, Robert memiliki beragam cara. Salah satunya, seluruh kader diminta menunjukka­n eksistensi­nya. ”Setiap acara dipasangi bendera Nasdem,” jelasnya.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga bersiap menghadapi pemilu tiga tahun lagi. Pada 15 Oktober lalu, Fraksi PKS DPRD Surabaya mengubah susunan kepemimpin­annya. Akhmad Suyanto tidak lagi menduduki ketua fraksi. Posisinya digantikan oleh Cahyo Siswo Utomo.

Sekretaris Fraksi PKS Aning Rahmawati menuturkan, untuk menghadapi pesta demokrasi, PKS menyegarka­n susunan fraksi. Langkah itu dilakukan agar gerak partai semakin gesit. ”Persentase suara milenial menjadi pertimbang­an penting bagi PKS untuk ke depan ini,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Fraksi PKS Cahyo Siswo Utomo menyampaik­an, peran baru itu tidak lantas menjadi beban.Namun,justrumemb­erikan motivasi berlipat. ”Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk partai dan masyarakat,” jelasnya.

 ?? FRIZAL/ JAWA POS ?? PANASI MESIN: Ketua DPP Nasdem Bidang Pemilih Pemula dan Milenial Lathifa Al Anshori saat memberikan pengarahan. DPD Nasdem kemarin menggelar rakerda. Salah satu topik yang dibahas adalah pengembang­an partai. Juga target pencapaian suara pada Pileg 2024.
FRIZAL/ JAWA POS PANASI MESIN: Ketua DPP Nasdem Bidang Pemilih Pemula dan Milenial Lathifa Al Anshori saat memberikan pengarahan. DPD Nasdem kemarin menggelar rakerda. Salah satu topik yang dibahas adalah pengembang­an partai. Juga target pencapaian suara pada Pileg 2024.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia