Jawa Pos

Perbanyak SWK untuk Pemulihan Ekonomi

Kecamatan Gelar Bazar Rutin

-

SURABAYA – Beragam upaya dilakukan pemkot melalui kecamatan dalam pemulihan ekonomi warga. Mulai mendorong warga berwirausa­ha, menggelar bazar setiap hari, hingga menjalin kerja sama dengan pihak perusahaan.

Camat Asemrowo Bambang Udi Ukoro mengatakan, terdapat 68 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya. Pagebluk korona mengakibat­kan perekonomi­an mereka terpuruk. Pembatasan mobilitas saat PPKM membuat mereka tak bisa berjualan dengan bebas.

Melihat persebaran Covid-19 yang terkendali, Bambang kembali mengaktifk­an kegiatan UMKM melalui program bernama Dodolan Asemrowo Asik (Doa). Yakni, menggelar bazar setiap hari di halaman kantor Kecamatan Asemrowo dan seluruh jajaran kantor kelurahan di wilayah kerjanya.

’’Setiap pagi mereka bisa berjualan di halaman kantor kelurahan dan Kecamatan Asemrowo. Agar tidak menimbulka­n kerumunan, jumlah UMKM dibatasi. Mereka bisa berjualan secara bergantian,’’ kata Bambang kemarin (17/10).

Kerja sama dengan pihak perusahaan juga dilakukan. Perusahaan diminta untuk berkontrib­usi membantu pemulihan ekonomi pelaku UMKM. Misalnya, PT Susanti Megah.

Sentra wisata kuliner (SWK) dibuat. SWK itu terdapat di lingkungan area perusahaan. Pelaku UMKM binaan Kecamatan Asemrowo bisa berjualan di lokasi tersebut secara gratis. Namun, karena keterbatas­an tempat, pelaku UMKM belum bisa tertampung semua.

Agar tidak terjadi kecemburua­n, pihaknya membuat jadwal aktivitas. Pedagang bisa berjualan secara bergantian. Minimal seminggu sekali. ’’Selain PT Susanti Megah, ada empat perusahaan lain yang kami ajak kerja sama. Tempat tengah disiapkan. Dalam waktu dekat UMKM binaannya bisa berjualan secara gratis di beberapa perusahaan itu,’’ ujarnya.

Pemulihan ekonomi menjadi fokus Pemkot Surabaya di tengah landainya kasus Covid-19. Rencana proyek 2022 telah dibahas dinas perumahan rakyat kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR). Rencananya, 10 SWK baru segera dibangun.

Pembanguna­n SWK tersebar merata di seluruh wilayah. Desain bangunan telah dirancang. SWK akan dibuat dengan konsep kekinian, tapi tidak menghilang­kan suasana masa lampau Kota Surabaya. Tujuannya, SWK dapat dinikmati seluruh golongan. Mulai anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

’’Proses lelang akan berlangsun­g Desember. Jika tidak ada kendala, awal 2022 proyek bisa mulai berjalan. Lalu, untuk mendukung pengaktifa­n wisata Sungai Kalimas, SWK juga akan dibangun di setiap dermaga,’’ kata Kabid Bangunan dan Gedung DPRKP CKTR Surabaya Iman Krestian.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? SINERGI POSITIF: Pelaku UMKM bidang kuliner memanfaatk­an SWK hasil kerja sama dengan pihak swasta di wilayah Kecamatan Asemrowo.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS SINERGI POSITIF: Pelaku UMKM bidang kuliner memanfaatk­an SWK hasil kerja sama dengan pihak swasta di wilayah Kecamatan Asemrowo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia