Jawa Pos

Jalan Jeglongan Sewu Kini Sudah Mulus

-

SIDOARJO – Satu per satu hasil peningkata­n jalan di Kota Delta sudah mulai tampak. Salah satunya, Jalan Raya Becirongen­gor yang sebelumnya viral dengan sebutan Jeglongan Sewu. Kini proyek di sana hampir rampung. ”Progres pembanguna­n sudah sampai sekitar 90 persen,” ujar Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali kemarin (17/10).

Dia menyatakan, berkat kerja bersama semua pihak, jeglongan sewu di Jalan Becirongen­gor mulai berganti dengan jalan beton. Betonisasi akan terus diperluas agar tidak ada lagi keluhan terkait dengan infrastruk­tur.

”Jangan seperti selama ini. Jeglongan sewu malah jadi tetenger: ’Oh, kalau jalan sudah banyak lubang, berarti masuk daerah Sidoarjo.’ Jadi satire yang menyedihka­n kita semua,” katanya.

Muhdlor menjelaska­n, dengan efisiensi, transparan­si, dan pengelolaa­n anggaran yang tepat untuk kepentinga­n masyarakat, pihaknya memperbaik­i jalan-jalan lainnya secara bertahap.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Sigit Setyawan menyebutka­n, jalan yang dibeton adalah ruas Jalan Kebonagung, Kecamatan Sukodono, sampai Jalan Kemasan di Kecamatan Krian. Betonisasi di sana dilakukan sepanjang 1,7 kilometer dengan lebar 6 meter, termasuk melintasi Jalan Raya Becirongen­gor.

Progres pembanguna­nnya sudah sesuai dengan jadwal. Bahkan, kini dua sisinya sudah bisa dilewati. Sebelumnya, petugas melakukan buka tutup sisi jalan. Sisi setengah dibeton, sedangkan sisi satunya bisa dilewati. Dengan begitu, pengendara tetap bisa melintas dan tidak memutar jauh. Drainase di sisi jalan pun sudah rampung dibangun. ”Sepanjang sekitar 950 meter,” jelas Sigit. Setelah itu, kontur jalan ditinggika­n, lalu dicor beton.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? SUDAH 90 PERSEN: Pengguna jalan melintas di Jalan Raya Becirongen­gor yang baru saja selesai dibeton kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS SUDAH 90 PERSEN: Pengguna jalan melintas di Jalan Raya Becirongen­gor yang baru saja selesai dibeton kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia