Jawa Pos

Jangan Terlena Penurunan Kasus

-

KASUS kematian harian akibat Covid-19 di Jakarta melandai, bahkan sempat nol kematian. Meski demikian, Dinas Kesehatan DKI Jakarta selalu mengingatk­an agar masyarakat tidak lengah terhadap situasi pandemi Covid-19 saat ini. ”Iya, tentu jangan sampai kita euforia karena tetap ada kasus tambahan baru,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali­an Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia.

Dinkes DKI mencatat pertambaha­n positif harian Covid-19 di Jakarta masih berkisar 130–140 kasus. Untuk itu, Dwi meminta warga mewaspadai ancaman penularan Covid-19. ”Rata-rata 130–140 kasus. Berarti setiap orang tetap ada peluang terjadi keterpuruk­an,” terangnya.

Dwi mengatakan, pihaknya terus menggencar­kan vaksinasi Covid-19 karena terbukti dapat menurunkan risiko meninggal akibat Covid-19.

”Alhamdulil­lah, banyak orang yang vaksin kalau ketularan Covid tidak sampai meninggal, enggak sampai (parah). Karena tubuhnya sudah kenal dengan virus. Begitu ada virus, langsung dilawan. Antibodi cukup kuat saat sudah vaksin,” terangnya.

Sebagaiman­a diketahui, beberapa kali DKI Jakarta sempat melaporkan nol kematian harian akibat Covid-19. Status pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta pun sekarang turun dari level 3 menjadi level 2.

Penurunan level PPKM itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlaku­an PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

”Wilayah kabupaten/kota dengan kriteria level 2 yaitu Kabupaten Administra­si Kepulauan

Seribu, Kota Administra­si Jakarta Barat, Kota Administra­si Jakarta Timur, Kota Administra­si Jakarta Selatan, Kota Administra­si Jakarta Utara, dan Kota Administra­si Jakarta Pusat,” demikian bunyi inmendagri yang terbit pada 18 Oktober 2021.

PPKM level 2 juga diterapkan di daerah penyangga DKI Jakarta yang berada di Banten, yakni Kota Tangerang dan Kota Tange rang Selatan. PPKM level 2 pun berlaku di Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi. Sementara itu, Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang serta beberapa daerah yang masuk Provinsi Banten masih harus menerapkan PPKM level 3.

Selama satu bulan terakhir, penurunan level untuk wilayah aglomerasi Jabodetabe­k tertahan beberapa kabupaten dan kota yang belum mampu mencapai target vaksinasi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia