Jawa Pos

Peti Kemas-Kapal Justru Naik

PPKM Turun Level, Terminal Teluk Lamong Optimistis Capai Target

-

SURABAYA – Pandemi Covid19 tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap arus kunjungan kapal maupun bongkar muat di pelabuhan. Sebagaiman­a yang terlihat di pelabuhan milik PT Terminal Teluk Lamong. Selama satu semester terakhir, jumlah kunjungan kapal justru mengalami peningkata­n dari 2020 di semester yang sama. Yakni, 20,97 persen.

Direktur Operasi dan Teknik PT Terminal Teluk Lamong Warsilan menyatakan, kinerja pada semester pertama justru mengalami pertumbuha­n yang lebih baik. Berdasar data yang masuk, tercatat ada 694 kapal yang sandar selama Januari–Juni. ’’Pada 2020, kami mencatat kunjungan kapal sebanyak 569 unit. Ada kenaikan 20,97 persen,’’ ujarnya.

Menurut Warsilan, peningkata­n kunjungan kapal terjadi karena ada tambahan angkutan laut. Di antaranya, KMTC Line, GSL Line, Cosco, CMA, hingga Evergreen. Armada tersebut sandar di dermaga internasio­nal. Pertambaha­n jumlah kunjungan juga terlihat di dermaga domestik. Rata-rata dari wilayah timur. Yakni, Maluku dan Sulawesi.

Hal itu beriringan dengan naiknya arus peti kemas di pelabuhan yang dikelola PT Terminal Teluk Lamong. Ada kenaikan sebesar 10,13 persen dari 2020 pada periode yang sama. Tahun lalu arus peti kemas tercatat sebanyak 334.292

TEUs (satuan kapasitas kargo). ’’Di semester pertama tahun ini, kami mencatat arus peti kemas di TTL (Terminal Teluk Lamong, Red) sebanyak 368.144 TEUs,’’ terang Warsilan.

Meski kunjungan kapal dan bongkar muat peti kemas naik, ada penurunan bongkar muat di komoditas curah kering. Menurut Warsilan, penurunan tersebut merupakan dampak dari pandemi Covid-19. Pihak produsen mengurangi jumlah produksi yang berdampak pada penguranga­n jumlah pengiriman barang ke pelabuhan.

Di Terminal Teluk Lamong, komoditas curah kering yang dilayani hanya bahan pangan dan pakan ternak.

Warsilan berharap pada pengujung 2021, Terminal Teluk Lamong bisa mencapai target kinerja sesuai yang direncanak­an. Sebab, kondisi pandemi Covid19 saat ini mulai membaik. Apalagi, sebagian wilayah sudah mengalami penurunan level pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). ’’Kami optimistis karena melihat adanya peluang untuk terus bertumbuh,” jelasnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? TREN POSITIF: Kapal barang bongkar muat kontainer di Terminal Teluk Lamong kemarin. Pandemi tidak berdampak signifikan terhadap arus bongkar muat barang di pelabuhan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS TREN POSITIF: Kapal barang bongkar muat kontainer di Terminal Teluk Lamong kemarin. Pandemi tidak berdampak signifikan terhadap arus bongkar muat barang di pelabuhan.
 ?? GRAFIS BAGUS/JAWA POS ??
GRAFIS BAGUS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia