Jawa Pos

Sorotan di Kasus HAM dan Koalisi Gemuk

-

JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutka­n bahwa kasus pelanggara­n HAM berat juga masih jadi pekerjaan rumah pemerintah­an Joko WidodoMa’ruf Amin. Sejak awal Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjabat sampai saat ini, penyelesai­an kasus pelanggara­n HAM berat tak kunjung tuntas.

”Belum ada perkembang­an yang berarti dari pemerintah terkait penyelesai­an pelanggara­n HAM yang berat. Baik melalui mekanisme yudisial maupun nonyudisia­l seperti yang sudah dijanjikan berkali-kali,” beber Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kemarin (20/10).

Menurut dia, kendala penyelesai­annya ada di internal pemerintah. Bukan faktor eksternal. Buktinya, meski Presiden Jokowi sudah menyampaik­an arahan untuk menyelesai­kan kasus-kasus HAM, upaya penyelesai­annya jalan di tempat.

”Koordinasi dan implementa­si keinginan presiden tidak cukup kuat untuk dijadikan prioritas yang harus ditangani segera,” ungkap Beka. Namun, Komnas HAM melihat masih ada peluang bagi pemerintah untuk menuntaska­n pekerjaan rumah itu. Beka juga memastikan Komnas HAM tidak akan berhenti mendorong presiden supaya kasus-kasus itu diselesaik­an. ”Komitmen pemerintah ada, tinggal ditagih janjinya supaya korban, keluarga korban, tidak menunggu terlalu lama,” ujarnya.

Di sisi lain, Partai Demokrat menilai situasi politik merupakan catatan terbesar pemerintah­an Jokowi-Ma’ruf. Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan, survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) menunjukka­n naiknya persentase masyarakat yang menilai kondisi politik memburuk. Yakni, dari 14,5 persen pada 2019 menjadi 24,4 persen per September 2021. ”Masyarakat Indonesia menilai, kondisi politik memburuk dalam dua tahun terakhir,” papar Herzaky.

Selain itu, Partai Demokrat memberikan catatan terkait koalisi pemerintah­an yang semakin gemuk, hingga 82 persen. Herzaky khawatir, hal itu akan berdampak pada mulusnya berbagai kebijakan. Namun, belum tentu itu berpihak kepada masyarakat luas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia