Jawa Pos

Target Menang di Momen Enam Dekade

-

JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengajak seluruh kader makin kompak dan solid menuju Pemilu 2024. Sebab, tahun itu juga akan menjadi momen istimewa partai berlambang beringin tersebut.

Airlangga mengatakan, 2024 menjadi momentum bagi Partai Golkar yang berusia 60 tahun. Menuju enam dekade Partai Golkar itu, pihaknya harus menorehkan sejarah dengan kembali merebut kemenangan dalam pemilu. Golkar sudah memiliki modal kemenangan 62 persen di Pilkada 2020 untuk memantapka­n konsolidas­i internal. ”Golkar juga harus mulai melakukan rekrutmen saksi di setiap TPS,” tutur Airlangga saat perayaan HUT Ke-57

Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar kemarin (20/10).

Menurut Airlangga, pada 2022 kerja pemenangan dimulai. Para fungsionar­is Partai Golkar tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota yang merupakan pasukan darat sudah diterjunka­n ke daerah-daerah. Mereka bertugas menyosiali­sasikan partai dan calon presiden (capres) dari Golkar.

Lalu, 2023 akan menjadi tahun untuk memantapka­n pemenangan. Yaitu melakukan penggalang­an opini di daerah untuk menyuksesk­an program dan capres Partai Golkar. Airlangga menargetka­n Golkar bisa meraih 20 persen kemenangan pileg. ”Sementara untuk pemilihan presiden, kita harus menang. Pilkada 2024 kita menargetka­n kemenangan 60 persen,” ujar menteri koordinato­r bidang perekonomi­an itu.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengapresi­asi Partai Golkar yang telah mendeklara­sikan Airlangga sebagai capres. Idealnya, tutur dia, partai mana pun selalu mengusung ketua umumnya untuk maju. Tetapi, realitas politik dihadapkan pada aspek popularita­s dan elektabili­tas.

PPP, ungkap Baidowi, membuka diri untuk berkoalisi dengan Golkar. Sempat muncul wacana Airlangga berpasanga­n dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Hal itu bisa saja terjadi. ”Sebab, syarat koalisi kursi memenuhi, syarat konfiguras­i nasionalis-Islam sudah terpenuhi, dan Jawa luar Jawa juga sudah terpenuhi. Itu salah satu opsi,” terangnya.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? TUNJUK TARGET: Dari kiri, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Sharif Cicip Sutarjo dalam tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, kemarin (20/10).
HENDRA EKA/JAWA POS TUNJUK TARGET: Dari kiri, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Sharif Cicip Sutarjo dalam tasyakuran HUT Ke-57 Partai Golkar di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, kemarin (20/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia