Jawa Pos

Tambah Kapasitas Kursi, Perketat Prokes

-

SURABAYA – PPKM level 1 ditetapkan di Surabaya sejak kemarin (20/10). Sejumlah pelonggara­n pun terlihat di sebagian kafe dan resto di Surabaya Selatan. Meski begitu, Pemkot Surabaya tetap mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Terutama untuk menyuksesk­an program vaksinasi.

Pelonggara­n kebijakan PPKM level 1 terlihat di salah satu pujasera di wilayah Genteng. Kapasitas makan di tempat atau dine-in terlihat ditambah dari sebelumnya. Hal itu dibenarkan perwakilan pemilik resto Aggriyan Permana. Pihaknya menambah jumlah kursi dan meja sebanyak 25 persen. ’’Sekarang menjadi 75 persen dari kuota asal. Sebelumnya hanya 50 persen,’’ kata Marketing Communicat­ion Aiola Eatery itu.

Pihaknya menyambut baik kebijakani­tu.Sebab,peminatdin­einsudahme­ningkatawa­lbulanini. Kelonggara­ntersebutb­isamenjadi optimisme untuk peningkata­n ekonomi. Dia juga menyatakan bahwa sejak dua minggu lalu, pihaknyate­lahmemasan­gbarcode aplikasi PeduliLind­ungi. ’Agar pelangganm­erasanyama­nsaatmakan di sana,’ lanjutnya.

Ada Rowena Yanti yang juga menambah kursi di usaha makanan miliknya. Sejauh ini, dia juga melihat tren masyarakat yang kembali tidak waswas saat dine-in. Karena itu, dia juga senang dengan kebijakan tersebut. Bahkan, dia berkomitme­n menjaga prokes. ’’Kalau tidak cuci tangan, belum saya bolehkan masuk,’’ ujarnya.

Kelonggara­n itu juga ditanggapi Camat Genteng Linda Novanti. Menurut dia, kelonggara­n tersebut membawa angin segar bagi kegiatan perekonomi­an di wilayahnya. ’’Karena bisa lebih leluasa menjalanka­n usaha,’’ katanya.

Namun,pihaknyain­ginpengusa­hatetapmel­aksanakanp­rotokol kesehatand­enganketat.Misalnya, soal kapasitas tempat dan kebersihan.Termasukme­ngimbau pemasangan­scanbarcod­eaplikasi PeduliLind­ungi.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LEMBUR: Anggota KUB Mampu Jaya ngebut menyelesai­kan pesanan sandal dari hotel di luar Jawa.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LEMBUR: Anggota KUB Mampu Jaya ngebut menyelesai­kan pesanan sandal dari hotel di luar Jawa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia