Jawa Pos

Tata Ulang Pergudanga­n dan Gencarkan Pengerukan

-

SURABAYA – Ada berbagai program revitalisa­si Pelabuhan Kalimas yang akan dilakukan PT Pelindo. Tidak sekadar membangun sarana penunjang wisata. Pelindo juga bakal menata ulang pergudanga­n dan melakukan pengerukan secara bertahap.

Sebagian gudang di kawasan pelabuhan memang sudah berusia tua. Terbukti, warna temboknya telah usang. Gudang perlu dicat dan dibangun ulang. Sarana di pergudanga­n juga perlu ditambah untuk mendukung kegiatan penyimpana­n.

GM Terminal Kalimas Dhany Rachmad Agustian menyebutka­n, ada sekitar 26 gudang di kawasan Kalimas. Tempat penyimpana­n akan dimodernis­asi secara bertahap. ”Itulah upaya untuk menghidupk­an kawasan pelabuhan lama,” kata Dhany.

Menurut dia, bukan hanya gudang yang menjadi perhatian. Endapan lumpur di Kalimas juga disorot. Pengerukan terus dilakukan untuk mendukung kegiatan bongkar muat.

Dhany mengakui, bukan hal mudah melakukan pengerukan. Kondisi dermaga perlu lebih dulu disurvei. Sebab, jika tidak berhatihat­i, pengerukan bisa mengakibat­kan kerusakan tempat bersandarn­ya kapal.

Saat ditanya tentang kebutuhan anggaran, Dhany menyatakan bahwa anggaran revitalisa­si memang besar. Pelindo juga mencoba menjajaki kerja sama dengan investor. ”Kami akui pentingnya investor untuk mendukung penataan,” tegas Dhany.

Kalimas dikenal sebagai pusat perdaganga­n pada masa lampau. PT Pelindo bakal merevitali­sasi pelabuhan legendaris tersebut secara bertahap. Selain untuk bongkar muat, kawasan pelabuhan akan ditata untuk pergudanga­n dan wisata.

Revitalisa­si pelabuhan memerlukan anggaran cukup besar. Nilainya mencapai Rp 18 miliar. Total panjang dermaga Kalimas yang ditata mencapai 2,3 kilometer. Seluruh dermaga peninggala­n kolonial itu nanti diperkuat. Program tersebut dimulai dari sisi selatan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? REVITALISA­SI: Tampak beberapa kapal di Pelabuhan Kalimas. Ada sekitar 26 gudang di sana. Tempat penyimpana­n akan dimodernis­asi secara bertahap.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS REVITALISA­SI: Tampak beberapa kapal di Pelabuhan Kalimas. Ada sekitar 26 gudang di sana. Tempat penyimpana­n akan dimodernis­asi secara bertahap.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia