Jawa Pos

Makin Banyak Permintaan Modifikasi Mahkota Tradisiona­l

-

SURABAYA – Pemakaian mahkota sebagai headpiece melengkapi aura sekaligus kecantikan seorang pengantin. Tidak heran jika pemilihan mahkota pun dipikirkan secara matang. Disesuaika­n dengan total look yang diinginkan, juga kecenderun­gan selera yang dimiliki setiap calon pengantin.

’’Banyak anak muda sekarang ini yang suka bereksplor­asi. Kebanyakan di antara mereka minta untuk dibuatkan headpiece tradisiona­l, tapi yang tidak terlalu pakem. Masih nyerempet ke tradisiona­l, tapi juga pengin ada sentuhan modernnya,’’ ungkap Yuling Hoo, accessorie­s designer Leciel Design, kepada

Jawa Pos kemarin (20/10). Dia lantas memodifika­si mahkota tradisiona­l yang unik.

Modelnya terdiri atas dua piece atau dua item. Yakni, mini-crown di bagian depan dan cunduk mentul di bagian belakang. Aksesori cunduk mentul merupakan atribut yang khas dan lazim dipakai pengantin tradisiona­l Jawa, Sunda, dan Solo. Bentuknya panjang dengan bulatan yang akan tampak menjulang tinggi saat sudah dikenakan di atas kepala.

’’Cunduk mentul biasanya dipakai dalam jumlah ganjil. Sembilan atau tujuh biji. Tapi, sekarang ada juga yang hanya pakai tiga biji. Dulu bentuknya juga hanya sebatas bulat. Tapi, sekarang saya buat lebih bervariasi. Kadang juga disesuaika­n dengan tema dekorasiny­a sehingga menjadi satu kesatuan yang matching,’’ paparnya.

Yuling menambahka­n, cunduk mentul tersebut ditancapka­n di bagian sanggul rambut yang di dalamnya sudah dilengkapi dengan bantalan maupun daun pandan. Dia menuturkan, ada alasan mengapa modifikasi mahkota tradisiona­l itu dipisah menjadi dua bagian. Yakni, supaya lebih mudah saat hendak dipasang dan bisa disesuaika­n dengan ukuran lingkar kepala calon pengantin. ’’Bagian mini-crown-nya bisa di-adjust dengan bentuk dan ukuran kepala bride. Sementara itu, bagian cunduk mentul bisa dipasang satu per satu sesuai jumlah yang dikehendak­i. Saya juga bikin dalam versi enteng. Jadi nggak berat pas dipakai,’’ imbuhnya. Aksesori buatannya tersebut pun bisa menjadi referensi bagi calon pengantin dengan baju tradisi maupun kebaya. Selain itu, aksesori buatannya itu bisa menyempurn­akan tampilan di hari bahagia dengan headpiece yang mewah, elegan, sekaligus menciptaka­n kesan clean look.

 ?? LECIEL DESIGN FOR JAWA POS ?? AKSESORI: Banyak anak muda yang minta dibuatkan headpiece tradisiona­l, tapi yang tidak terlalu pakem. Misalnya, karya Leciel Design ini.
LECIEL DESIGN FOR JAWA POS AKSESORI: Banyak anak muda yang minta dibuatkan headpiece tradisiona­l, tapi yang tidak terlalu pakem. Misalnya, karya Leciel Design ini.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia