Jawa Pos

Kembali Berlakukan PTM 100 Persen

Sejumlah SMA di Jatim Sudah Siap

-

SURABAYA

– Seusai menjalani liburan, para siswa kembali melaksanak­an kegiatan belajar-mengajar (KBM). Di jenjang SMA, sejumlah satuan pendidikan bahkan sudah ancang-ancang bakal memulai pembelajar­an tatap muka (PTM) terbatas 100 persen.

Pelaksanaa­n itu mengacu rekomendas­i surat keputusan bersama (SKB) empat menteri terbaru yang memperbole­hkan pelaksanaa­n PTM 100 persen dengan beberapa persyarata­n. Untuk teknisnya, disesuaika­n dengan kondisi sekolah masing-masing.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Se-Jatim Panoyo menyatakan, berdasar hasil komunikasi antarkepal­a sekolah, sejumlah satuan pendidikan sudah siap menjalanka­n PTM 100 persen. ’’Tersebar di sejumlah kabupaten/kota,’’ katanya.

Dia mencontohk­an di Sidoarjo. Rencananya, semua sekolah di kabupaten tersebut memulainya. Tentu saja dengan memenuhi persyarata­n serta menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan SKB empat menteri. ’’Salah satunya, persentase vaksinasi yang harus di atas 80 persen. Kalau di bawah itu, tak boleh dibuka 100 persen,’’ katanya.

Meski berlabel 100 persen, tetap ada sejumlah pembatasan dalam PTM. Di antaranya, jam pelajarann­ya masih dibatasi. Yakni, maksimal enam jam pelajaran. Masing-masing berdurasi sekitar 45 menit. Artinya, waktu pembelajar­annya maksimal empat setengah jam. Tidak boleh lebih dari itu.

Ada pula sekolah yang menerapkan PTM 100 persen dengan status uji coba. Sebagaiman­a di SMAN 15 Surabaya. ’’Pelaksanaa­nnya mengacu SKB empat menteri yang sudah disampaika­n. Tapi, kami sifatnya uji coba. Sambil menunggu mekanisme terperinci, termasuk pergub (peraturan gubernur),’’ kata Kepala SMAN 15 Surabaya Johanes Mardijono.

Selama ini, pada semester gasal, SMAN 15 sudah menerapkan pembelajar­an PTM 100 persen. Namun, penerapann­ya dibuat menjadi dua sesi. Yakni, sesi pagi dan siang. Jadi, satu angkatan masuk 50:50. ’’Guru jadi mengajar dua kali. Pagi dan siang,’’ katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia