Jawa Pos

Rewind Indonesia 2021 Rangkum Tren dan Tragedi

-

JAKARTA

– Tayangan ’’tahunan” Rewind Indonesia 2021 kembali memuncaki trending YouTube. Kemarin (2/1) video besutan Chandra Liow dan Aulion itu telah ditonton lebih dari 7 juta kali. Dalam Instagram-nya, Aulion menceritak­an bahwa penggarapa­n video itu terbilang berat. Sebab, mereka harus mengalahka­n Rewind Indonesia 2020 yang tak lain merupakan garapan mereka juga.

’’Berat rasanya memanggul ekspektasi netizen. Saat ini sedang mencoba melakukan sesuatu yang saya dan Chandra belum pernah lakukan sebelumnya, jadi deg-degannya lebih kerasa,” tulisnya. Di Rewind Indonesia 2021, kerja keras Chandra dan Aulion bukan cuma isapan jempol. Mereka menyuguhka­n konsep yang lebih besar, dengan skala produksi yang juga ’’naik kelas”.

Di video tersebut, mereka mengganden­g Muzakki Ramdhan dan Adinia Wirasti untuk adegan pembuka. Beberapa tokoh nonYouTube­r –seperti Najwa Shihab, Cinta Laura, dan Maudy Ayunda– ikut tampil di video sepanjang 21 menit itu. Seperti biasa, Chandra dan Aulion menyajikan rekapitula­si tren tahun lalu. Mulai film, tokoh, momen, sampai lagu-lagu viral tanah air, K-pop, top 40, dan TikTok.

Di akunnya, Chandra berterima kasih kepada penonton Rewind Indonesia 2021. Dia juga mengapresi­asi pekerja seni di tanah air, baik content creator maupun seniman di berbagai bidang, yang konsisten berkarya di situasi sulit. ’’Sedang proses membuat atau sudah selesai, sendirian atau bareng-bareng, skala besar atau kecil, SALUT, STAY SAFE, DAN SEMANGAT UNTUK KALIAN SEMUA,’’ tulisnya.

Jerome Polin Sijabat, salah seorang YouTuber yang tampil di Rewind Indonesia 2021, antusias bisa terlibat langsung. Sebab, pada tahun sebelumnya, dia tengah menuntaska­n studi di Jepang. ’’Jujur, pas kali pertama diundang, terus dikasih tahu kalau aku harus ngerap sambil nge-dance, panik banget sih,’’ paparnya. Girlband StarBe juga tampil untuk kali pertama di Rewind Indonesia 2021. Mereka kaget dan senang bisa terpilih menjadi bagian video itu. ’’Seru banget, ketemu banyak temen baru. Banyak orang hebat di belakang layar. Dan timnya profesiona­l banget,’’ ungkap Abelle, leader

grup di akun StarBe.

Video itu pun mendapat apresiasi dari mancanegar­a. Banyak konten kreator mancanegar­a yang memberikan ulasan apik di video reaction mereka. YouTuber

asal Korea Jang Han-sol –yang dikenal lewat logat medok dan kanal Korea Reomit–

menyatakan salut sekaligus iri. ’’Di Korea nggak mungkin sih ada video rewind

seperti ini,’’ ungkapnya di Instagram story

pada akhir tahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia