Jawa Pos

RONALDO MENCARI KESENANGAN

-

MANCHESTER

– Cristiano Ronaldo menutup 2021 dengan manis. Satu gol dan satu assist ditorehkan Ronaldo dalam kemenangan 3-1 Manchester United atas Burnley FC di Old Trafford (31/12). Meski begitu, 2021 adalah tahun yang naik turun bagi CR7. Mengawali tahun lalu, Ronaldo memang mampu membawa Juventus meraih gelar Supercoppa Italiana. Gol striker 36 tahun itu membuka kemenangan dua gol tanpa balas Juve atas SSC Napoli. Tapi, Ronaldo kemudian gagal di Liga Champions dan Serie A. Peran CR7 juga semakin minor sekalipun Juve memenangi Coppa Italia. Ronaldo pada akhirnya memutuskan ”pulang” ke Manchester United. Tingginya ekspektasi fans United sejauh ini baru dibalas Ronaldo lewat prestasi individual. Yaitu, sukses melesakkan 14 gol dan 3 assist. Beberapa di antaranya merupakan gol penentu kemenangan dan tercipta pada menit-menit akhir. Sementara secara tim, prestasi United belum menggembir­akan. The Red Devils masih berkutat di peringkat ketujuh Premier League meski lolos ke fase knockout Liga Champions. Mengawali 2022, Ronaldo mengibarka­n semangat untuk bisa lebih baik. ”(2021) bukan tahun yang mudah meski aku menciptaka­n 47 gol (34 gol di klub dan 13 gol di timnas Portugal, Red). Di Juventus, aku memenangi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana serta mendapatka­n capocannon­iere Serie A. Di timnas, aku pun jadi top scorer Euro 2020,” tulis Ronaldo di Instastory.

”Tetapi, aku tak bahagia dengan apa pun yang kami capai di United. Tak satu pun dari kami yang bahagia, aku yakin itu. Kami tahu kami harus bekerja lebih keras, bermain lebih bagus, dan memberikan hasil yang lebih baik dari apa yang kami berikan saat ini. Mari hadapi 2022 dengan semangat lebih tinggi dan mentalitas lebih kuat,’’ sambung CR7.

Tantangan pertama untuk Ronaldo pada 2022 hadir di Old Trafford dini hari nanti (4/1). Yaitu, saat United melawan Wolverhamp­ton Wanderers dalam matchweek ke-20 (siaran langsung Mola TV pukul 00.30 WIB).

Statistik dua tahun terakhir mencatat, Ronaldo menjalani pertanding­an pertama di awal tahun dengan torehan gemilang. Dia membuka 2020 dengan menciptaka­n hat-trick dan satu assist ke gawang Cagliari Calcio saat Juve menang 4-0 di Serie A. Lalu, membuka 2021 dengan dua gol dan satu assist saat La Vecchia Signora menghabisi Udinese Calcio 4-1, juga di Serie A.

Bek kanan United yang juga kompatriot Ronaldo, Diogo Dalot, menyebut bahwa motivasi CR7 yang sedang membuncah saat ini bukan semata karena resolusi di awal tahun. Melainkan juga respons atas sorotan kepada para pemain United yang dianggap sering mengeluh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia