Jawa Pos

Penyerang Baru Bisa Tampil Kontra Persikabo

-

SURABAYA – Persebaya Surabaya menggelar latihan terakhir kemarin pagi. Tidak ada waktu istirahat bagi penggawa tim berjuluk Green Force itu. Mereka dijadwalka­n langsung terbang ke Bali siang ini. Green Force fokus menghadapi Bali United pada Rabu (5/1). Itu adalah laga tunda yang seharusnya digelar pada seri ketiga lalu. Karena berstatus laga tunda, Persebaya masih bisa memainkan Jose Wilkson.

’’Tapi, rasanya saya tidak mungkin memakai tenaga Wilkson. Karena dua hari setelahnya Persela juga akan bermain. Jadi, kalau saya pasang, kasihan Wilkson juga,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos.

Wilkson memang bakal bergabung dengan Persela. Jadi, Aji tidak mau mengganggu mantan anak asuhnya itu. ’’Makanya, dalam laga lawan Bali United, saya akan maksimalka­n pemain yang ada saja,’’ jelas pelatih 51 tahun itu.

Aji cukup pede dengan skuadnya. Dia yakin bisa menjaga tren positif di seri ketiga. Green Force meraih empat kemenangan dan satu hasil imbang. Plus selalu celan sheet dalam lima laga beruntun.

Tapi, Aji sadar Bali United bukan lawan sembaranga­n. ’’Bali United merupakan tim yang dihuni dengan materi pemain papan atas,’’ kata pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut. Karena itu, Aji meminta pemainnya untuk bermain maksimal. Tanpa Wilkson, posisi striker mungkin akan dipercayak­an kepada Samsul Arif Munip. Pemain gaek itu sejauh ini sudah mengemas dua gol.

Lalu, bagaimana dengan striker pengganti Wilkson? Aji memastikan pemain tersebut sudah berada di Indonesia. Bahkan, dia mungkin bakal bergabung dalam latihan tim setelah laga kontra Bali United (5/1). ’’Yang jelas, dia (striker asing baru) harus berlatih dulu dengan tim sebelum turun ke pertanding­an resmi. Kan nggak mungkin ujugujug langsung main,’’ kata kapten Persebaya saat juara Liga Indonesia musim 1996–1997 tersebut.

Apakah dia sudah bisa turun di laga pertama seri keempat? ’’Insya Allah sudah bisa tampil. Karena dia juga sudah lama di Indonesia, sudah siap semuanya,’’ jelas mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Setelah melawan Bali United, Persebaya akan menghadapi Persikabo 1973 (10/1). Striker asing mungkin bisa menjalani debut dalam laga tersebut. Aji jelas berharap banyak kepada juru gedor anyar itu. Hanya, dia belum mau memberikan bocoran soal siapa nama striker asing itu.

Tapi, kabarnya, pengganti Jose Wilkson adalah Arsenio Vallpoort. Dia adalah striker yang berasal dari Belanda. Jika benar, ini akan jadi debutnya bermain di Indonesia. Dia diharapkan bisa menunjukka­n performa lebih baik ketimbang Wilkson. Hingga seri ketiga, Wilkson sudah mengemas 6 gol dan 2 assist.

’’Yang pasti, kami sudah melakukan upaya transfer (striker asing) ini sejak lama. Kami melakukan operasi senyap, khas Persebaya,’’ pungkas Aji.

 ?? WORLDFOOTB­ALL.NET ?? RUMOR: Arsenio Vallpoort disebut-sebut akan mengisi posisi yang ditinggalk­an Jose Wilkson di Persebaya Surabaya.
WORLDFOOTB­ALL.NET RUMOR: Arsenio Vallpoort disebut-sebut akan mengisi posisi yang ditinggalk­an Jose Wilkson di Persebaya Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia