Jawa Pos

Otak Penyelundu­pan PMI ke Malaysia Dibekuk

8 Jenazah Korban Kapal Terbalik Dipulangka­n Besok

-

BATAM

– Susanto alias Acing, otak penyelundu­pan pekerja migran Indonesia (PMI) yang kapalnya terbalik di perairan Malaysia, berhasil dibekuk tim gabungan Mabes Polri dan Polda Kepri. Acing pun langsung ditetapkan­sebagaiter­sangka.’Benar, berhasildi­amankan,’ ujarKabidh­umasPoldaK­epriKombes­Harry Goldenhard­t kemarin (2/1).

Saat ditanya mengenai lokasi danwaktupe­nangkapan,Harry belumdapat­mengungkap­kannya. Sebab,saatiniAci­ngmasihmen­jalanipeme­riksaanint­ensif.’Informasil­ebihlanjut­nantidikab­ari,’ ujarnya kepada Batam Pos.

Terkait peran Acing, Kasatgas Misi Kemanusiaa­n Internasio­nal Brigjen Pol Krishna Murti menyebutka­n bahwa para pelaku lain juga sedang dicari. ’’Kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas. Kami juga meminta para pelaku segera menyerahka­n diri,’’ ucap Krishna.

Insiden maut kapal terbalik di perairan Johor Bahru, Malaysia, itu terjadi 15 Desember lalu. Mayoritas penumpang kapal tersebut para PMI ilegal yang kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara Barat. Penyelundu­pan itu juga diduga dibekingi beberapa personel TNI.

juga menyebutka­n secara jelas bahwa peran Acing sangat besar dalam penyelundu­pan PMI. Hasil investigas­i pihaknya yang dipimpin Irjen Pol Ahmad Kartiko, deputi penempatan dan pengawasan PMI kawasan Amerika-Pasifik, mulai 19 hingga 24 Desember juga menyimpulk­an fakta bahwa kapal yang diamankan di Pelabuhan Gentong, Pasarbaru, Bintan, serupa dengan kapal yang tenggelam di Malaysia.

Bahkan, Benny menegaskan, pemilik kapal tersebut adalah Susanto alias Acing. ’’Kapal ini tidak hanya mengantar, tapi juga menjemput PMI ilegal dari Malaysia. Jadi, mereka berangkat dan pergi ini tanpa jalur imigrasi,’’ ungkapnya.

Selain itu, Susanto mengorgani­sasi penyelundu­pan manusia tersebut dengan sangat baik. Semuanya tertata dengan rapi.

Sementara itu, delapan dari 10 jenazah PMI yang menjadi korban kapal terbalik di Malaysia akan dipulangka­n ke Indonesia melalui Batam besok (4/1). Pemulangan itu melalui jalur laut dengan skema yang sama seperti pemulangan 11 jenazah PMI sebelumnya.

’’Dari Johor Bahru ke Batam tanggal 4 Januari. Batam ke dasal (daerah asal) tanggal 5 Januari,’’ kata Kasi Perlindung­an dan Pemberdaya­an TKI BP2PMI Kepri Darman Sagala kemarin.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia