Jawa Pos

JENAZAH PMI KORBAN KAPAL TERBALIK YANG AKAN DIPULANGKA­N

-

Nama

Sri Mindari

Ahmad Sutrisno Pratama

Baharudin Dedi Suryadi

Lalu Rusdi

Sadi

Supardi

Uwanul Hubbi

Krishna menambahka­n, Acing adalah pelaku utama. Krishna menegaskan, tindakan Su

PEMPROV JATIM GUBERNUR Usia

42 33

41 34

42 48 52 35

Asal

Desa Kaliboto Kidul, Kec. Jatiroto, Lumajang, Jatim Kelurahan Denggen, Lombok Timur, NTB

Desa Barabli, Lombok Tengah, NTB Desa Anjani, Lombok Timur, NTB

Desa Lenek Ramban Biak, Lombok Timur, NTB

Desa Barabali, Lombok Tengah, NTB

Desa Lenek Ramban Biak, Kec. Lenek, Lotim, NTB

Desa Aikprapa, Lombok Timur, NTB (Susanto) alias Ac (Acing) sangat membahayak­an nyawa manusia.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani

Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkap­kan visinya bahwa tahun 2022 harus dihadapi dengan optimisme tinggi untuk bangkit. Hal itu sesuai tagline Jatim pada 2022, yaitu Optimis Jatim Bangkit. Mewujudkan Optimis Jatim Bangkit 2022, Pemprov Jatim telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatk­an kinerja di berbagai lini. Di antaranya kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Di lini ekonomi, Khofifah menyatakan optimismen­ya bahwa perekonomi­an Jatim bangkit tahun ini. Sebab, survei Bank Indonesia menunjukka­n, indeks keyakinan konsumen di Jatim mencapai 113 persen pada Oktober 2021.

Pernyataan itu disampaika­n Khofifah saat dia menyerahka­n bantuan zakat produktif untuk modal usaha pelaku usaha ultra mikro dari Baznas Provinsi Jatim dan Bank Jatim pada 30 Desember 2021. Bantuan tersebut menjadi salah satu programnya untuk makin bisa memutar roda ekonomi tahun 2022.

”Ini menjadi sinyal positif karena ada pergerakan ekonomi. Makanya, kami merumuskan optimis ekonomi Jatim bangkit tahun depan (tahun ini, Red),” ungkap Khofifah. Dia berharap bantuan yang difokuskan untuk para pelaku usaha yang ultra mikro itu bisa memberikan bantalan ekonomi di tengah pandemi. Bantuan tersebut bakal terus diberikan tahun ini.

Khofifah menyampaik­an, bantalan ekonomi itu perlu ada untuk mereka yang rentan agar tidak menjadi miskin. Dia berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat dan dapat digunakan sebaik mungkin.

Di sisi lain, untuk tahun ini, Khofifah juga sudah menyiapkan format pinjaman subsidi bunga bagi para pelaku usaha ultra mikro ini. Nantinya, pinjaman disalurkan melalui Bank UMKM. ”Jadi, mereka akan diberi suntikan modal Rp 10 juta maksimal, nanti sebagian bunganya yang membayar pemerintah. Kami akan berikan subsidi bunga. Harapannya tidak memberatka­n dan ekonomi bergerak,” ujarnya.

Optimisme serupa diupayakan di bidang kesehatan. Pemprov Jatim terus mempercepa­t vaksinasi anak usia 6–11 tahun di 2022. Menurut dia, percepatan itu akan sangat membantu pemerintah mempersiap­kan pembelajar­an tatap muka (PTM) tahun 2022.

Imbauan untuk tetap melaksanak­an prokes juga masih terus dilakukan.

SOLID: Gubernur Jawa Timur mengimbau seluruh OPD untuk selalu kompak, bekerja keras, dan meningkatk­an layanan kepada masyarakat.

Khofifah mengimbau seluruh daerah bisa menginstru­ksi instansi-instansi terkait menyosiali­sasikan prokes dan vaksinasi kepada masyarakat.

Solidkan Seluruh OPD Selain itu, Khofifah menekankan pentingnya Perpres 104/2021 sebagai bagian semangat pengentasa­n kemiskinan di 2024. Ke depan, dia mendorong para bupati dan wali kota di Jatim untuk dapat terus mendamping­i dan berkonsoli­dasi dengan kepala desa masing-masing. Terutama terkait tujuan pembanguna­n berkelanju­tan atau sustainabl­e developmen­t goals (SDGs) desa.

”Tentunya juga berharap sekaligus upaya ini untuk penanganan kemiskinan ekstrem yang basisnya dari desa. Kami berharap Jawa Timur menjadi percontoha­n di dalam pengentasa­n kemiskinan ekstrem,” pungkasnya.

Di bidang layanan sosial, Khofifah mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) Jatim untuk bisa menatap dan membekali diri di tahun 2022 dengan penuh optimisme. Khususnya ASN di lingkungan Pemprov Jatim yang terus melakukan inovasi untuk meningkatk­an layanan bagi masyarakat. Khofifah mengajak seluruh ASN Pemprov Jawa Timur terus berinovasi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Jawa Timur. Tujuannya adalah percepatan perwujudan kesejahter­aan masyarakat.

Khofifah juga terus meningkatk­an kesiapsiag­aan dari seluruh OPD dalam menghadapi bencana alam akibat fenomena La Nina.

Menurut dia, kesiapsiag­aan sangat dibutuhkan dan tak hanya menjadi tanggung jawab dan ranah OPD terkait. Kerja sama dari dinas lain juga sangat diperlukan. Hal itu tak lain sebagai upaya percepatan penanganan jika terjadi bencana alam.

”Tidak hanya wilayah BPBD, dinas sosial, dinas kesehatan, tetapi saya meminta kita semua bergandeng­an tangan memberikan perlindung­an dan penyelamat­an kepada masyarakat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita masing-masing,” pungkas Khofifah.

Program dan Realisasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Menyejahte­rakan Rakyat

tagline Jatim Bangkit, tagline Bangkit.

Kalau 2021 kita adalah untuk tahun 2022, kita adalah Dengan optimis, mudahmudah­an Allah memberikan kekuatan kepada kita bangkit, sukses, dan sehat.’’

Optimis Jatim

 ?? ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS ?? EKONOMI BANGKIT: Pemberdaya­an UMKM menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menjaga stabilitas dan kekuatan ekonomi Jatim di 2022. Beragam kemudahan diberikan, salah satunya lewat suntikan modal.
ANDRIANSYA­H POETRA/JAWA POS EKONOMI BANGKIT: Pemberdaya­an UMKM menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menjaga stabilitas dan kekuatan ekonomi Jatim di 2022. Beragam kemudahan diberikan, salah satunya lewat suntikan modal.
 ?? DISKOMINFO JATIM FOR JAWA POS ??
DISKOMINFO JATIM FOR JAWA POS
 ?? ?? KHOFIFAH INDAR PARAWANSA Gubernur Jawa Timur
KHOFIFAH INDAR PARAWANSA Gubernur Jawa Timur

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia