Jawa Pos

Dinas Damkar Bangun 384 Sumur

Bantu Percepat Waktu Pemadaman Kebakaran

-

SURABAYA – Kawasan metropolis kian berkembang. Permukiman baru terus bermuncula­n. Laju pembanguna­n kota itu harus menjadi perhatian pemkot. Sebab, bisa saja memicu kebakaran hebat. Berbagai upaya antisipasi pun dilakukan. Salah satunya dengan menambah jumlah sumur cadangan air.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamat­an Surabaya Dedik Irianto menjelaska­n, setiap tahun penambahan sumur baru terus dilakukan. Langkah itu dilakukan untuk pemerataan tempat pengambila­n air tersebut. ’’Kini, tercatat ada 384 sumur damkar di seluruh Surabaya,’’

terangnya.

Sumur itu dibangun di wilayah yang jauh dari sumber air. Wujudnya berupa tandon bawah tanah berisi air. Ketika ada kebakaran di dekat lokasi sumur, petugas damkar tinggal melakukan penyedotan.

Sumur yang dibangun memiliki dua volume. Yakni, 3.000 liter dan 10.000 liter. Suplai airnya didukung langsung oleh

PDAM Surya Sembada Surabaya. ’’Saat air habis dipakai, langsung terisi otomatis,’’ ucapnya.

Dedik menerangka­n, pembuatan sumur damkar itu sudah diperhitun­gkan. Tidak bisa asal bangun di sembarang titik. Pertama, lokasinya tidak berdekatan dengan sumur lain. ’’Misalnya, kalau wilayah itu dekat dengan waduk, boezem dan sumber air lain tidak bisa dibangun. Jarak dengan lokasi itu minimal 1 kilometer. Baru setelah itu dibangun sumur PMK,’’ jelasnya.

Tahun depan, jumlah sumur itu akan terus ditambah. Dedik menuturkan, pihaknya berupaya agar kebakaran bisa ditangani dengan maksimal dan tepat waktu. Jangan sampai ada korban materi maupun jiwa. ’’Dalam pembanguna­n ini, kami libatkan masyarakat untuk memberi masukan. Sekiranya mana wilayah yang memenuhi kriteria tersebut. Mereka bisa usul ke kami jika memerlukan sumur PMK di wilayah mereka,’’ paparnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? ANTISIPASI AMUK API: Satu unit mobil damkar dan ambulans disiagakan di depan Taman Sejarah agar bisa cepat merespons laporan kebakaran yang disampaika­n warga.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ANTISIPASI AMUK API: Satu unit mobil damkar dan ambulans disiagakan di depan Taman Sejarah agar bisa cepat merespons laporan kebakaran yang disampaika­n warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia