Jawa Pos

Dibuka, Alun-Alun Langsung Ramai

-

SIDOARJO

– Alun-Alun Sidoarjo dan taman di Kota Delta kembali dibuka kemarin (2/1). Sebelumnya, alun-alun ditutup saat malam tahun baru. Baru dibuka, pengunjung ramai berdatanga­n. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo menyatakan tetap menyiagaka­n petugas untuk membatasi jumlah pengunjung.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan dan PJU Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Edy Sutiono menyebutka­n bahwa maksimal pengunjung, baik alun-alun, taman, maupun tempat wisata, adalah 75 persen. ’’Agar sesuai dengan protokol kesehatan, pengunjung tetap dibatasi, staf lapangan sudah bantu untuk menghalau,’’ terang Edy.

Dia tidak memungkiri fakta bahwa alunalun maupun taman umum lainnya merupakan salah satu jujukan warga untuk menghabisk­an waktu liburan murah meriah. Baik karena ruang terbuka hijaunya maupun beragam permainan di alunalun dan taman. Apalagi, kemarin masih masa liburan tahun baru. ’’Biasanya memang ramai. Karena itu, kami antisipasi, ada petugas yang memantau dan membatasi jika terlalu ramai,’’ katanya.

Bahkan, pihaknya sudah menerapkan aplikasi PeduliLind­ungi sebagai syarat masuk taman. ’’Di Taman Abhirama, kami sudah memakai aplikasi PeduliLind­ungi karena satu pintu untuk keluar masuk, tapi alun-alun kami tidak bisa menerapkan karena pintunya banyak,’’ jelasnya. Namun, dia memastikan jumlah pengunjung tidak melebihi kapasitas.

Selain taman dan alun-alun, tempat wisata lain masih dibatasi kemarin.

’’Pembatasan masih berlaku sampai 2 Januari dan berakhir pukul 23.59,’’ kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo Djoko Supriyadi kemarin. Dia sudah meminta pengelola wisata mengantisi­pasi lonjakan pengunjung karena pada libur tahun baru memang biasanya lebih ramai. Dia sudah mewanti-wanti, yang penting kapasitas pengunjung dalam satu waktu tidak melebihi 75 persen dari kapasitas total.

Pada hari terakhir pembatasan kemarin, pengelola sudah taat. ’’Untuk selanjutny­a, biasanya ada peraturan baru setelah momen tertentu, bisa saja akan ada instruksi Mendagri yang baru setelah Nataru. Tunggu saja,’’ pintanya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? MURAH MERIAH: Wisatawan memadati Alun-Alun Sidoarjo. Kemarin (2/1) alun-alun menjadi jujukan warga untuk berekreasi saat libur tahun baru.
DIMAS MAULANA/JAWA POS MURAH MERIAH: Wisatawan memadati Alun-Alun Sidoarjo. Kemarin (2/1) alun-alun menjadi jujukan warga untuk berekreasi saat libur tahun baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia