Jawa Pos

Ekspor 142 Ribu Ton Hasil Pertanian

-

SURABAYA – Kementeria­n Pertanian (Kementan) mengadakan kegiatan Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021. Provinsi Jatim turut berkontrib­usi besar pada program tersebut. Tercatat ada 142 ribu ton hasil pertanian yang dikirim ke luar negeri selama dua pekan.

Pengiriman barang dilakukan via Pelabuhan Tanjung Perak. Total nilai barang yang diekspor mencapai Rp 2,71 triliun. Selain tumbuhan, ada pula hewan yang dikirim ke luar negeri.

Kepala Badan Karantina Pertanian Jatim Musyaffak Fauzi menjelaska­n, nilai tumbuhan yang diekspor mencapai Rp 2,45 triliun. Sedangkan hewan Rp 267 miliar. ”Tujuannya ke 89 negara,’’ kata Musyaffak.

Dia menjelaska­n bahwa Kementan terus berupaya menguatkan aktivitas produksi (on maupun aktivitas pascaprodu­ksi (off dengan berbagai cara. Salah satunya, mendorong pengusaha dan eksportir untuk melipatgan­dakan lalu lintas ekspor pertanian menjadi tiga kali lipat atau Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor).

Menurut Musyaffak, ekspor merupakan salah satu mekanisme untuk menyeimban­gkan neraca perdaganga­n. Itu juga dilakukan untuk mendongkra­k kesejahter­aan petani. ”Pastinya, kami berupaya memperjuan­gkan kesejahter­aan petani,” kata Musyaffak.

Dia mengatakan bahwa Jatim merupakan daerah yang memiliki kontribusi ekspor terbesar dibandingk­an provinsi lainnya di Indonesia. Berdasar data I-QFast Badan Karantina Pertanian, nilai ekspor Jatim selama Januari– November 2021 mencapai Rp 33,96 triliun. Rata-rata ekspor per bulan Rp 3,09 triliun. Adapun diversifik­asi produk mencapai 220 jenis dengan frekuensi pengiriman 4.886 kali ke 118 negara tujuan ekspor.

Menurut Musyaffak, kegiatan ekspor mendapatka­n dukungan dukungan dari banyak instansi. Dia optimistis pengiriman barang akan terus meningkat. Mengingat, banyak potensi pertanian di Jawa Timur yang bernilai ekonomi tinggi.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? PROSPEKTIF: Kontainer berisi barang ekspor yang akan dikirimkan ke luar negeri via Pelabuhan Tanjung Perak.
EKO HENDRI/JAWA POS PROSPEKTIF: Kontainer berisi barang ekspor yang akan dikirimkan ke luar negeri via Pelabuhan Tanjung Perak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia