Jawa Pos

TENTANG REWIND 2021

-

JADWAL TAYANG MUNDUR

Dalam poster di akun Chandra maupun Aulion, Rewind Indonesia 2021 dijadwalka­n diunggah pada 29 Desember. Namun, jadwal itu ditunda karena tim nasional Indonesia tengah bertanding di leg 1 final Piala AFF 2020.

REKAPITULA­SI TRAGEDI 2021

Di pertengaha­n video, Aulion tampil sebagai seniman yang melukis serangkaia­n tragedi di 2021. Di antaranya, ada tenggelamn­ya KRI Nanggala, jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182, dan bencana alam.

RANGKUMAN MOMEN VIRAL

Paris Pernandes, pengunggah video

Salam dari Binjai, kembali muncul. Kali ini, dia tidak menggebuk pisang, tetapi menanam pisang. Arief Muhammad, penggagas tren

ikoy-ikoy yang sempat heboh, juga ditampilka­n. Video ’’visi-misi foya-foya’’ diparodika­n Eka Gustiwana dan Lucinta Luna. Ria Ricis dan Teuku Ryan pun diundang lantaran pernikahan mereka sempat viral beberapa bulan lalu.

SEMATKAN PESAN HARAPAN

Sebagaiman­a ucapan Chandra, Indonesia masih punya harapan. Di bagian akhir, ibu pertiwi –yang diwakili Adinia Wirasti yang memerankan ibu– digambarka­n mampu bangkit meski terkapar karena Covid-19. Meski emas serta pelindungn­ya terus dirangsek, ibu berhasil pulih.

BAGI-BAGI PESAN

Rewind Indonesia 2021 tak cuma senang-senang. Penonton juga diajak berpikir dalam sesi diskusi yang dimulai Najwa Shihab. Maudy Ayunda, Cinta Laura, dan Fiersa Besari berbagi pesan. Maudy menekankan pentingnya pendidikan inklusif, sedangkan Cinta memaparkan sulitnya menjadi perempuan di tanah air. Fiersa membawa pesan yang agak berbeda. Pelantun Melawan Hati itu menyatakan, krisis di Indonesia tak hanya berlaku buat manusianya. ’’Orang-orang fokus terhadap isu kesehatan, yang memang perlu dan bagus. Tapi, kita lupa bahwa limbah medis yang menggunung menjadi masalah baru yang belum terpecahka­n,’’ paparnya.

 ?? ?? Berbeda dengan 2020, tahun lalu tren kuliner begitu beragam. Ada permen
dalgona, croffle, susu kalengan yang sempat viral, sampai paket BTS Meal. Bagian itu diwakili Jesselyn Lauwreen dan Suhaidi ’’Lord Adi” Jamaan, dua peserta
MasterChef Indonesia musim kedelapan.
Berbeda dengan 2020, tahun lalu tren kuliner begitu beragam. Ada permen dalgona, croffle, susu kalengan yang sempat viral, sampai paket BTS Meal. Bagian itu diwakili Jesselyn Lauwreen dan Suhaidi ’’Lord Adi” Jamaan, dua peserta MasterChef Indonesia musim kedelapan.
 ?? FOTO-FOTO: REWIND 2021 ??
FOTO-FOTO: REWIND 2021
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia