Jawa Pos

Cegah Pohon Tumbang Tiap Hujan Deras

Oknum Warga Sengaja Bakar Pohon di Jalur Pedestrian

-

SURABAYA ‒ Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya melanjutka­n perantinga­n pohon di sisi jalan. Pohon-pohon tersebut dinilai berpotensi menimbulka­n bahaya bagi para pengguna jalan di metropolis. Kemarin (12/1) tim DLH melakukan perantinga­n di Jalan Endrosono.

Keterbatas­an ruas jalan serta banyaknya kendaraan yang melintas membuat kepadatan lalu lintas tak bisa dihindari di area tersebut. Sistem buka-tutup jalan terpaksa dilakukan petugas. Sebab, jika tidak, kemacetan panjang akan terjadi.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o mengatakan, setiap hari pihaknya melakukan perantinga­n pohon. Terutama pada musim hujan. Dalam sehari minimal meranting 20 pohon. Saat ini laporan pengajuan perantinga­n meningkat tajam. Sehari pihaknya bisa meranting hingga 70 pohon.

Perantinga­n diutamakan yang berada di jalan-jalan protokol.

Di Surabaya Utara, perantinga­n dilakukan di Jalan Indrapura. Di wilayah lain, perantinga­n juga digiatkan.

’’Selain di jalan protokol, kini perantinga­n mulai menyasar wilayah permukiman penduduk. Misalnya di Jalan Endrosono, Semampir,’’ kata Agus.

Pada musim hujan, laporan pohon tumbang cukup tinggi. Yakni, 5 hingga 15 pohon tumbang setiap kali hujan deras terjadi. Pohon tumbang tidak hanya disebabkan faktor alam, seperti hujan deras dan angin kencang. Namun, ternyata ada juga yang dipicu kesengajaa­n oknum warga.

’’Ada oknum yang sengaja membakar pohon. Pohon itu dibiarkan tumbang sendiri meskipun tidak ada angin kencang. Biasanya peristiwa itu terjadi pada pohon yang berada di jalur pedestrian,’’ ucap dia.

Indikasi niat buruk muncul dari aksi tersebut. Mereka berniat memanfaatk­an lahan di jalur pedestrian untuk berjualan. Namun, Agus mengatakan bahwa pihaknya tak membiarkan begitu saja. Untuk setiap pohon yang tumbang, pihaknya segera kembali menanam di lokasi yang sama. Dengan begitu, tidak ada jalur pedestrian yang kosong.

 ?? SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS ?? KURANGI BEBAN: Petugas DLH memotong cabang-cabang pohon yang berpotensi mengganggu pemakai jalan di Jalan Endrosono kemarin.
SEPTIAN NUR HADI/JAWA POS KURANGI BEBAN: Petugas DLH memotong cabang-cabang pohon yang berpotensi mengganggu pemakai jalan di Jalan Endrosono kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia