Jawa Pos

40 Lansia Vaksinasi Booster di Puskesmas Tenggilis

-

SURABAYA

– Pelaksanaa­n vaksinasi dosis ketiga berlangsun­g serentak di sejumlah puskesmas di Kota Pahlawan. Kemarin (12/1) pemberian vaksin booster untuk 40 lansia itu juga dilakukan di Puskesmas Tenggilis.

Salah seorang penerima vaksin booster, Sulaiman, mengaku sudah menunggu lama tentang vaksinasi dosis ketiga tersebut. Setelah mengetahui informasi bahwa penerima prioritas dosis lanjut itu adalah lansia, dia langsung mendatangi puskesmas. ’’Iya, kami dapat info. Langsung daftar dan ke puskesmas,’’ ujarnya seusai menerima vaksin kemarin (12/1). Dia datang juga tak sendirian, bersama istrinya Susmini yang juga menerima vaksin dosis ketiga.

Kepala Puskesmas Tenggilis dr Dessy J. Setia menyatakan, vaksin booster tahap awal tersebut ditujukan kepada 40 lansia yang sudah terdaftar penerima vaksin. Dia menambahka­n, prioritas utama masih warga lansia. ’’Sebelumnya juga kami sosialisas­ikan ke seluruh lansia di wilayah kami. Sekaligus kami libatkan kader posyandu lansia,’’ jelasnya.

Jenis vaksin booster yang digunakan kali ini, Dessy menyebutka­n, untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac, lansia akan diberi vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZenec­a. ’’Tapi, sekarang vaksinasi pakai AstraZenec­a. Karena yang tersedia itu,’’ ujarnya. Penerimaan dosis ketiga itu harus berjarak enam bulan dari waktu penerimaan vaksin dosis kedua.

Kombinasi vaksin booster itu, kata dia, sesuai dengan pertimbang­an para peneliti dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirma­si Badan POM dan ITAGI. Rencana vaksinasi ke depan, pihaknya memilih menunggu ketersedia­an vaksin.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PRIORITAS: Sulaiman menjalani vaksinasi dosis ketiga di Puskesmas Tenggilis kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PRIORITAS: Sulaiman menjalani vaksinasi dosis ketiga di Puskesmas Tenggilis kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia