Jawa Pos

Mayoritas Penyertaan Modal Negara untuk Proyek Tol

-

JAKARTA

– Pemerintah memberikan penyertaan modal negara (PMN) 2022 kepada tujuh badan usaha milik negara (BUMN). Totalnya sebesar Rp 38,47 triliun. Dana tersebut difokuskan untuk pembanguna­n infrastruk­tur transporta­si, ketenagali­strikan, pem_ biayaan perumahan bagi masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR), dan penjaminan proyek infrastruk­tur.

Tenaga Pengkaji Restruktur­isasi, Privatisas­i, dan Efektivita­s Kekayaan Negara Dipisahkan Kementeria­n Keuangan (TP RPEKND Kemenkeu) Dodok Dwi Handoko mengatakan, alokasi PMN merupakan dukungan pemerintah kepada BUMN.

PT Hutama Karya mendapat PMN terbesar. Yaitu, sebanyak Rp 23,85 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk melanjutka­n pembanguna­n delapan ruas jalan tol trans-Sumatera (JTTS). ”Masih butuh banyak. Dari Lampung ke Medan lewat jalur timur maupun barat bisa dua hari tiga malam. Kalau sudah jadi waktu tempuhnya bisa separonya,” kata Dodok dalam acara Bincang Bareng Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kemarin (14/1).

Di sektor manufaktur lainnya, pemerintah memberikan PMN untuk PT Waskita Karya sebanyak Rp 3 triliun. Modal pemerintah tersebut untuk mendukung penyelesai­an ruas tol Kayu Agung– Palembang–Betung dan Bogor– Ciawi–Sukabumi. Sementara itu, PT Adhi Karya mendapat Rp 1,976 triliun yang digunakan untuk jalan tol Solo–Jogjakarta–Kulonprogo, Jogjakarta–Bawen, dan sistem penyediaan air minum regional Karian–Serpong.

Pemberian PMN terbesar kedua diberikan ke PT PLN sebesar Rp 5 triliun. PMN akan digunakan untuk pembanguna­n proyekproy­ek ketenagali­strikan serta mendukung pengembang­an lima destinasi pariwisata superprior­itas. ”Tidak hanya pembangkit­nya, tapi juga distribusi­nya. Khusus untuk listrik pedesaan,” terangnya.

Sejak 2021, lanjut Dodok, Kemenkeu

mewajibkan adanya key performanc­e indicators (KPI) alias indikator kinerja utama khusus bagi BUMN penerima PMN. Sebagai bentuk akuntabili­tas pembiayaan investasi pemerintah yang harus dikelola secara good governance. Sehingga, dapat dipertangg­ungjawabka­n kepada masyarakat.

”KPI ini dituangkan dalam kontrak kinerja antara BUMN/ lembaga penerima PMN dan kementeria­n terkait yang menaunginy­a. Sebagai bentuk komitmen dari manajemen BUMN untuk mencapai target serta bagian dari transparan­si dan pertanggun­gjawaban kepada publik atas penggunaan dana APBN,” jelasnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? KONEKTIVIT­AS DAERAH: Pekerja tengah menyelesai­kan pembanguna­n jalan tol Serpong– Balaraja dengan menerjunka­n alat berat di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, kemarin. Pemerintah terus menambah infrastruk­tur jalan tol melalui penyertaan modal negara 2022 kepada BUMN.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS KONEKTIVIT­AS DAERAH: Pekerja tengah menyelesai­kan pembanguna­n jalan tol Serpong– Balaraja dengan menerjunka­n alat berat di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, kemarin. Pemerintah terus menambah infrastruk­tur jalan tol melalui penyertaan modal negara 2022 kepada BUMN.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia