Jawa Pos

Pantai Ikonik dengan Gugusan Nyiur nan Eksotis

Para pencinta wisata pesisir laut patut memasukkan Pantai Kelapa, Tuban, dalam daftar singgah. Sebab, sesuai namanya, destinasi ini mempunyai keunggulan yang jarang dimiliki pantai lain. Gugusan pohon kelapa yang begitu rapat dan teduh.

-

WAJAR jika pantai yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, tersebut terkenal akan keindahan dan keteduhann­ya. Di sana, di lahan seluas kurang lebih 3 hektare, ribuan pohon kelapa tumbuh subur. Kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat mencatat jumlah kelapa yang tumbuh di sana lebih dari seribu.

Tak hanya di lokasi wisata. Pohon-pohon nyiur yang menjulang tersebut juga bertebaran di perkampung­an sekitar. Saking lebatnya, pohonpohon tropika itu menjadi kanopi yang meneduhkan.

Karunia Yang Mahakuasa itu disadari betul oleh warga setempat sebagai potensi besar yang bisa dimanfaatk­an. Karena itu, untuk mengembang­kan sektor pariwisata di pantai tersebut, pokdarwis setempat merawat betul tanaman itu.

Mereka rutin mengganti pohon yang mati dengan pohon baru. Juga tak membiarkan sejengkal pun lahan kosong tanpa ditumbuhi tanaman habitat pesisir tersebut.

Ya, kelapa dan nyiur yang tumbuh subur memang jadi ikon yang mampu menarik wisatawan ke Pantai Kelapa, ditambah desau angin dan pasirnya yang lembut. Membuatnya menjadi salah satu objek wisata unggulan di Tuban.

Wisata bahari yang hanya berjarak selemparan batu dengan Jalan Daendels (pantura) penghubung Tuban‒Gresik itu paling asyik dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan teman. Duduk di gelaran, pengunjung bisa melihat panorama Laut Jawa sambil menikmati kesegaran buah kelapa muda yang banyak dijual di lapak.

Selain potensi alam khas tersebut, tempat wisata itu mempunyai beragam pesona lain. Paling ikonik, sebuah dermaga kayu yang menjorok ke laut. Dermaga tersebut menjadi spot paling laris untuk berswafoto. Begitu juga spot foto ayunan yang terendam air laut dan bangkai kapal. Sementara itu, untuk wahana wisatanya, ada flying fox, motor ATV, kolam renang air tawar, panggung musik, dan paling baru sebuah restoran seafood.

Selain itu, ada satu lagi ikon yang membuat Pantai Kelapa layak dikunjungi. Sajian aneka kuliner hasil laut. Potensi tersebut juga digarap betul oleh pengelola maupun pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Tuban Muhammad Emawan Putra menjelaska­n, ikhtiar itu merupakan bagian dari upaya menghadirk­an kuliner khas Bumi Ronggolawe. ’’Tuban ini daerah pesisir sehingga seafood harus disediakan untuk wisatawan,’’ jelasnya.

Selain seafood, di wisata bahari itu banyak bertebaran lapak penjual belimbing madu yang dibudidaya­kan di Agro Wisata Desa Tasikmadu, tetangga desa setempat. Termasuk legen dan hasil olahan laut lainnya.

Dia menyampaik­an, Pantai Kelapa yang dikelola pokdarwis mendukung kemajuan ekonomi kreatif Kabupaten Tuban. ’’Mengakomod­asi atau bertindak sebagai pasar produk-produk lokal,’’ tuturnya.

Magister administra­si publik itu menyebutka­n, sektor pariwisata terbukti mempunyai dampak luar biasa. Utamanya dalam mendongkra­k ekonomi masyarakat sekitar. ”Maka, kami berharap wisata Pantai Kelapa semakin berkembang,” katanya.

 ?? ?? event event
event event
 ?? FOTO-FOTO: ANDIKA FERIAWAN/JAWA POS RADAR TUBAN ?? MENARIK: Salah satu yang menjadi keunggulan Pantai Kelapa adalah pasir putihnya yang begitu bersih dipadu sejumlah ornamen yang menambah keindahann­ya.
FOTO-FOTO: ANDIKA FERIAWAN/JAWA POS RADAR TUBAN MENARIK: Salah satu yang menjadi keunggulan Pantai Kelapa adalah pasir putihnya yang begitu bersih dipadu sejumlah ornamen yang menambah keindahann­ya.
 ?? ?? FOTO DULU: Ada begitu banyak spot menarik di pesisir Pantai Kelapa yang layak menjadi objek untuk berfoto.
FOTO DULU: Ada begitu banyak spot menarik di pesisir Pantai Kelapa yang layak menjadi objek untuk berfoto.
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia