Jawa Pos

Kreativita­s OSIS Sekolah Ciputra Selama Pandemi

Pandemi tak menghalang­i tim OSIS Sekolah Ciputra untuk mengembang­kan minat dan bakat siswa. OSIS Sekolah Ciputra banyak berperan dalam men-support program sekolah selama pandemi.

-

acara dan kegiatan yang telah diadakan pihak Sekolah Ciputra maupun tim OSIS. Selama satu semester ini, OSIS mengadakan berbagai acara dan kegiatan. Salah satunya saat Hari Guru.

Hari Guru sangat spesial bagi siswa-siswi Sekolah Ciputra. Sebab, guru berperan sebagai pendidik sekaligus teman dan pembimbing di sekolah. Untuk memperinga­ti Hari Guru, OSIS memberikan love letter kepada setiap guru. Love letter itu merupakan tulisan siswa yang dipajang di sepanjang koridor sekolah beserta foto guru tersebut.

Selain itu, departemen public relations di OSIS menulis dan menerbitka­n artikel tentang berita kekinian di sekolah. Setiap bulan, tim public relations merilis dua artikel yang berbeda-beda.

Isi artikel itu, antara lain, kurikulum subjek yang diajarkan di Sekolah Ciputra, kegiatan seputar kesehatan mental di lingkungan sekolah, dan pengalaman guru saat mengajar di Sekolah Ciputra. Artikelart­ikel tersebut bisa dibaca melalui website https://ciputraosi­s.wixsite.com/2021.

Pada September, Sekolah Ciputra telah diberi izin untuk mengadakan pembelajar­an tatap muka (PTM) dengan kapasitas terbatas. Sistem itu dinamakan Hybrid Model of Instructio­n (HMI). Siswa-siswi bisa belajar melalui daring atau tatap muka.

Untuk menjaga protokol dan mengingatk­an siswa-siswi tentang cara bersekolah tatap muka dengan aman, tim OSIS telah membuat sebuah video. Video yang ditampilka­n pada TV di lorong sekolah itu berisi informasi penting untuk menjaga keamanan sekolah. Yakni, prosedur yang harus dilalui sebelum masuk ke dalam gedung (cek suhu tubuh, registrasi, cuci tangan, semprot dengan alkohol, dan menggunaka­n thermal scanner), cara memakai masker dengan benar, serta protokol yang harus ditaati di lingkungan sekolah.

OSIS juga menggalang dana untuk men-support kegiatan di masa mendatang. Mulai menjual sup labu, roti keju, hingga minuman. Selain itu, OSIS mengadakan spirit week. Siswa SMP-SMA berkesempa­tan untuk tidak memakai seragam dengan membayar Rp 15.000 untuk baju bebas dan Rp 10.000 untuk baju sesuai tema yang dipilih OSIS selama seminggu. Penggalang­an dana juga dilakukan untuk kegiatan sosial seperti membantu korban bencana alam, dalam rangka Hari Pangan Sedunia, atau kegiatan sosial lain.

Dukung Pengembang­an Bakat Siswa

Tim OSIS memiliki beberapa maskot berupa hewan langka yang terancam punah, yaitu komodo. Hal itu untuk mendukung keberadaan hewan tersebut.

Menjelang akhir semester, OSIS berhasil mengadakan kegiatan alternate reality game (ARG) pertama. Sebagai langkah untuk mengelola stres bagi murid SMP dan SMA, dibuat permainan yang terdiri atas dua kasus dengan banyak teka-teki yang harus dipecahkan secara individual maupun kelompok. Hal itu bisa mengasah keahlian berkolabor­asi dan berkomunik­asi. Siswa-siswi juga dapat melakukan

personal developmen­t lewat penggunaan

critical thinking skills dalam proses pemecahan teka-teki tersebut.

Contoh teka-teki yang telah dibuat, antara lain, mendeskrip­sikan kata kunci rahasia dan menerjemah­kan sistem kode morse. Dengan memecahkan masalahmas­alah itu, siswa-siswi bisa maju ke tahap berikutnya dan melanjutka­n permainan. Namun, jika mereka terjebak atau merasa kesulitan, supervisor mereka akan terus memberikan petunjuk.

’’Berkat kekompakan dan partisipas­i para anggotanya, OSIS Sekolah Ciputra mengutamak­an nilai fleksibili­tas dalam menghadapi pembelajar­an daring, model

hybrid, hingga 100 persen tatap muka saat ini guna membangun komunitas yang menyenangk­an di sekolah,” kata OSIS Captain Sekolah Ciputra Jeferson Tanto yang disepakati oleh Vice Captain OSIS Sekolah Ciputra Aurysia Thea Evelynn Santoso.

Pada Februari, OSIS Sekolah Ciputra bakal mengadakan beberapa acara lain. Salah satunya Sekolah Ciputra Decathlon (SCD). Yakni, kegiatan akademik yang terdiri atas debat, penulisan esai, dan tes mata pelajaran bahasa Inggris, sains, dan PKn.

Dalam waktu dekat, OSIS juga menggelar acara yang selalu ditunggu para siswa. Yakni, Sekolah Ciputra Got Talent. Para peserta bisa menunjukka­n kebolehan dan keterampil­an dalam menampilka­n bakat mereka. Di antaranya, menyanyi, menari, band, puisi, stand-up comedy, dan talenta unik lainnya. Acara itu terbuka untuk setiap murid SMP dan SMA.

 ?? ?? TUMBUHKAN EMPATI: Penggalang­an dana untuk membantu korban bencana alam dalam rangka Hari Pangan Sedunia.
TUMBUHKAN EMPATI: Penggalang­an dana untuk membantu korban bencana alam dalam rangka Hari Pangan Sedunia.
 ?? ?? BERI CONTOH PROKES: Para siswa membuat video untuk mempromosi­kan Hybrid Model of Instructio­n (HMI). Tampak Russell Liang (kiri) dan Michael Sean Gunawan.
BERI CONTOH PROKES: Para siswa membuat video untuk mempromosi­kan Hybrid Model of Instructio­n (HMI). Tampak Russell Liang (kiri) dan Michael Sean Gunawan.
 ?? FOTO-FOTO: SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS ?? KELOLA STRES: Para anggota OSIS sedang menyiapkan permainan ARG. Tampak para siswa, antara lain, Kenneth Ardel Luntoro (kelas IX), Venezia Ferrari Hartono (kelas X), dan Patricius Stefan Muliyanto (kelas XI).
FOTO-FOTO: SEKOLAH CIPUTRA FOR JAWA POS KELOLA STRES: Para anggota OSIS sedang menyiapkan permainan ARG. Tampak para siswa, antara lain, Kenneth Ardel Luntoro (kelas IX), Venezia Ferrari Hartono (kelas X), dan Patricius Stefan Muliyanto (kelas XI).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia