Otomotif

Kenyamanan maksimal di kabin

-

Mencoba Tata Ultra, bagaimana ya rasanya? Ternyata memang tidak mudah jika tidak familiar dengan kendaraan yang disebut sebagai light truck ini.

Beruntung, OTOMOTIF diberikan kesempatan oleh Tata Motors Distribusi Indonesia ( TMDI) untuk mencoba Tata Ultra, di area The Breeze, BSD City, Tangerang Selatan.

Masuk ke kabin, hal yang pertama dirasakan cukup nyaman, pasalnya jok Tata Ultra ini sudah dilengkapi dengan per yang berfungsi untuk menahan bobot pengemudi.

Fitur yang dinamakan Operator Seat Weight ini bakal menambah kenyamanan pengemudi, karena per yang terdapat di kursi pengemudi bisa diatur melalui kenop di bagian bawah jok. Fitur ini akan sangat meningkatk­an kenyaman ketika melakukan perjalanan jauh.

Ketika mesin dinyalakan, getaran jantung pacu diesel Tata 497 TCIC, dengan kapasitas 3.783 cc ini cukup terasa di kabin. Merasakan performa Tata Ultra, OTOMOTIF mengelilin­gi area The Brezee BSD, dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.

Meskipun memiliki bobot yang cukup berat, setir kemudi Tata Ultra masih terasa ringan, begitu juga saat truk berjalan dengan posisi pandangan yang cukup luas dan minim blind spot. Tidak ada kesulitan berarti untuk mengendali­kan truk ini.

Panel instrumen juga lengkap, bahkan hebatnya ada eco indicator, yakni lampu yang bakal memberitah­u pengemudi agar menyetir lebih efisien. Terdapat 3 indikator di bawah spidometer, jika lampu merah, berarti gaya mengemudi terlalu boros, kuning cenderung boros dan biru hemat.

Satu lagi kelebihan Tata Motors, yaitu sistem pengeraman yang sudah pakem. Jelas, karena truk ini sudah mengadopsi exhaust brake, yaitu sebuah katup yang bekerja menghasilk­an tekanan balik pada exhaust system, yang menciptaka­n energi untuk memperlamb­at laju piston mesin.

Jadi, saat pengemudi ingin memperlamb­at kendaraan ketika melewati jalan menurun, atau melewati jalan rusak dan berlubang. Tinggal mengangkat gas, laju kendaraan akan berkurang, kemudian baru menginjak rem apabila memang mengingink­an truk berhenti.

Kelebihan Tata Ultra lainnya ada di luas kabin, karena ketika mencoba truk ini, OTOMOTIF tak hanya jadi pengemudi, tapi juga sempat mencoba menjadi penumpang dan diisi dengan 2 orang, truk ini masih sangat nyaman. Jelas saja, karena Tata Ultra memiliki lebar kabin hingga 2,2 meter. •

 ?? foto: arief ?? Mencoba light truk, ternyata kenyamanan­nya hampir sama dengan mobil penumpang biasa
foto: arief Mencoba light truk, ternyata kenyamanan­nya hampir sama dengan mobil penumpang biasa
 ??  ?? Sasis Tata Ultra dengan tipe ledder frame jauh lebih tebal, baik dari pelat bajanya maupun tekukan sasisnya.
Sasis Tata Ultra dengan tipe ledder frame jauh lebih tebal, baik dari pelat bajanya maupun tekukan sasisnya.
 ??  ?? Tata Ultra dibekali dengan mesin diesel 497 TCIC, berkapasit­as 3.783 cc.
Tata Ultra dibekali dengan mesin diesel 497 TCIC, berkapasit­as 3.783 cc.
 ??  ?? Kabin Tata Ultra lebih besar dari kompetitor­nya, dengan ukuran 2,2 meter.
Kabin Tata Ultra lebih besar dari kompetitor­nya, dengan ukuran 2,2 meter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia