Otomotif

Manfaatkan Ruang

-

Hal pertama harus diperhatik­an adalah ketersedia­an ruang di balik bumper bawaan dan pemilihan winch yang tidak menyita ruang dan mengganggu kerja perangkat lainnya.

“Winch ‘tidur’ seperti Warn M8000 atau Warn XP 9.5 adalah jenis yang paling mungkin dipasang, karena tidak terlalu banyak makan tempat,” jelas Yusuf Ramadhan atau biasa disapa Dede.

Syarat lain supaya winch dapat bertengger di balik bumper standar. “Pikirkan posisinya, karena harus punya akses keluar tali sling dan akses untuk merogoh tuas kopling winch. Juga letak menempelka­n posisi roller atau fairled winch pada bumper,” jelas pemilik bengkel D2 Motorsport ini.

“Yang terpenting, winch harus ditanam pada dudukan yang terhubung dengan sasis. Jika dimensi sasis kurang, bisa menambahka­n braket,” ucap pria ramah ini.

Sarannya, dudukan winch ini harus menggunaka­n material besi pelat, setidaknya setebal 5 mm. Ada yang tertarik mencoba?

Menurut definisiny­a, wire adalah cara untuk membuat tampilan ruang mesin menjadi semakin rapi, dengan menyembuny­ikan keberadaan kabel- kabel pada jalur khusus.

“Awalnya dari Amerika. Biasanya saat acara meet up, mereka majang mobil sambil buka kap mesin. Mulai tren di Indonesia sekitar 2013 lalu,” ungkap Hardy Halim dari bengkel Top Setup Auto Mechanic di Taman Meruya Plaza Blok E14 No.26, Jakbar.

“Biasanya dilakukan untuk mobilmobil retro atau keluaran tahun 1990-an seperti Honda Estilo atau Toyota Great Corolla,” bilang Angga Lani, komandan bengkel Sky2tuner di bilangan pasar onderdil BTC, Bintaro, Tangerang Selatan.

Ditambahka­n oleh Isvando dari Bengkelku, Palbatu, Jakarta Selatan. “Kebanyakan mobil yang restorasi atau modifikasi total, yang kabelnya dibuat wire ,” terangnya.

“Biasanya memang Honda yang pakai konsep wire . Tapi saya pernah lihat Toyota AE86 dengan mesin 3S-GE Beams di- wire . Keren juga sih,” papar Hardy lagi.

 ??  ?? Kisi-kisi udara bawaan diganti menggunaka­n ram kawat dan diberi jalur untuk meraih tuas kopling winch
Kisi-kisi udara bawaan diganti menggunaka­n ram kawat dan diberi jalur untuk meraih tuas kopling winch
 ??  ?? Contoh braket winch custom yang digunakan pada Toyota Hilux 2015
Contoh braket winch custom yang digunakan pada Toyota Hilux 2015
 ??  ?? Kotak solenoid dari winch masih bisa tersembuny­i di balik gril
Kotak solenoid dari winch masih bisa tersembuny­i di balik gril
 ??  ?? Seperti inilah posisi braket winch setelah terpasang
Seperti inilah posisi braket winch setelah terpasang
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia