Otomotif

BUEMI TERLALU KUAT

Formula E Seri 3, Argentina

- DAB

Jeda panjang tiga bulan Formula E, kini ajang balap mobil litsrik tercepat di dunia tersebut kembali digelar. Sirkuit tengah kota Buenos Aires, Argentina (18/2) membawa aroma persaingan seru bagi para pembalap di hadapan masyarakat Argentina.

Selama 37 lap, persaingan pembalap yang menghuni empat grid terdepan memang sengit. Jean Eric Vergne, Lucas di Grassi, Sebastien Buemi, dan Oliver Turvey saling ambil alih posisi pimpinan lomba.

Suasananya makin memanas menjelang separuh balapan ketika Sebastien Buemi berhasil memangkas jarak Jean Eric Vergne dengan teknik

fast in fast out di setiap tikungan. “Setelah semua data yang kami dapat dari sesi latihan, kami yakin bisa memacu mobil hingga melewati batas namun tetap aman,” ujar Buemi. Pembalap asal Swiss itu pun mulai ambil alih pimpinan lomba saat memasuki separuh balapan.

Hingga menuju penghujung balapan, Buemi makin meninggalk­an jauh Vergne dengan selisih jarak hampir tiga detik. Ini menjadi kemenangan ketiga secara beruntun bagi Buemi, ia pun makin kokoh di puncak klasemen sementara.

“Saya selalu mendapatka­n motivasi yang bagus di Argentina, juga tim bekerja dengan baik pada mobil. Cukup sulit mengatur konsumsi energi mobil di sirkuit yang memiliki trek lurus yang sangat panjang. Namun beberapa sektor membuat kami memungkink­an menghemat energi,” papar Buemi yang menorehkan rekor sebagai pembalap pertama yang meraih tiga kali kemenangan beruntun di Formula E.

“Meski demikian, ini menjadi kemenangan yang mudah karena segala faktor mendukung kami meraih podium tertinggi,” Buemi menambahka­n. Syahdan, Vergne yang sudah kehilangan jarak dari Buemi pun harus bisa mempertaha­nkan posisi. Buemi berhasil meraih pole

position yang pertama dalam kariernya sehingga ia pun menargetka­n meraih kemenangan dan podium untuk pertama kali juga. Namun kedigdayaa­n Buemi mengentask­an ekspektasi pembalap asal Perancis tersebut.

“Meski berhasil meraih podium, kami sudah mencapai hasil yang cukup bagus sejak kualifikas­i. Persaingan yang bagus dengan Buemi semoga saja di seri berikutnya kami bisa mendapatka­n hasil yang lebih baik,” ucap Vergne.

 ??  ?? FIA Formula E
FIA Formula E
 ??  ?? Berulah di pit, Lucas di Grassi dikenai penalti dengan sanksi 1500 Euro
Berulah di pit, Lucas di Grassi dikenai penalti dengan sanksi 1500 Euro
 ??  ?? Jean Eric Vergne harus puas meraih podium dua meski menjadi pole sitter.
Jean Eric Vergne harus puas meraih podium dua meski menjadi pole sitter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia