Otomotif

WARISAN SAHABAT

Versi European Domestic Market yang kabarnya hanya ada satu unit di Indonesia

- Tom

Kevin Lie memang sungguh beruntung. Atas dasar persahabat­an, ia diwarisi salah satu hot hatchback Honda yang paling legendaris dan langka di Indonesia. Yup, apalagi kalau bukan Civic Type R EP3 keluaran 2004.

“Dulu 2004, dimasukin lewat salah satu importir umum di Jakarta, lengkap dengan suratsurat­nya. Fresh banget saat itu,” ujar Kevin yang juga seorang Hondanista ini.

Pemilik pertamanya tak lain merupakan sahabat dekat Kevin. Kabarnya, Civic Type R EP3 ini cuma ada satu di Indonesia saat itu. Diam-diam, Kevin menyimpan perasaan cinta pada hatchback yang dibuat untuk pasar domestik Eropa ini.

Hingga satu saat, Mr. X sahabatnya itu memutuskan untuk tinggal ke Australia. Namun enggan menjual Civic Type R miliknya. Tak disangka, Mr. X justru mewarisi kepada Kevin. “Dia tahu karena saya juga penggila Honda dan teman dekat, makanya dia rela,” ujar Kevin.

Setelah Civic Type R EP3 di tangan, Kevin pun memodifika­si dengan konsep single tuner. Makanya, aksesori yang terpasang bukan sembaranga­n.

Contohnya lips rear spoiler Mugen yang kini terpasang. Kabarnya, di katalog Mugen, untuk Civic Type R EP3 ini Mugen hanya lips dan rear spoiler- nya saja.

Pelek Mugen MF10L berukuran 17x7,5 inci yang terpasang juga diklaim sangat langka. “Setahu saya hingga saat ini cuma ada 3 set Mugen MF10L. Offset 48 rata memang ditujukan untuk pas dengan tubuh Civic Type R EP3 yang sensual,” sambung pehobi fotografi ini.

Kevin memang sangat mencintai warisan sahabatnya ini, bahkan bergeming dengan tawaran-tawaran yang menggoda untuk melepas Civic Type R EP3.

“Sesuai dengan pesan sahabat saya sebelum pindah ke Australia untuk menjaga baik-baik Civic Type R EP3 ini,” tutupnya. Salut!

 ?? foto: rizky ??
foto: rizky
 ??  ?? cc sitas 2.000 berkapa kecil e K20A dk. Lebih dk. berkod ga 200 ai 215 Mesin VTEC bertena mencap yang dengan versi JDM dari K20A
cc sitas 2.000 berkapa kecil e K20A dk. Lebih dk. berkod ga 200 ai 215 Mesin VTEC bertena mencap yang dengan versi JDM dari K20A
 ??  ?? Kondisi dan performany­a sangat terjaga dengan jarak tempuh masih sekitar 20.000 KM
Kondisi dan performany­a sangat terjaga dengan jarak tempuh masih sekitar 20.000 KM
 ??  ?? Lampu belakang menggunaka­n Civic Type R EP3 versi facelift keluaran tahun 2006
Lampu belakang menggunaka­n Civic Type R EP3 versi facelift keluaran tahun 2006
 ??  ?? Jok Recaro SR5 ini kabarnya bawaan standar Civic Type R EP3
Jok Recaro SR5 ini kabarnya bawaan standar Civic Type R EP3
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia