Otomotif

VINALES MAKIN CEPAT DAN MELESAT

- DAB

Tiga hari tes pramusim Motogp kedua digelar di sirkuit Phillip Island, Australia (15-17/2). Pembalap Movistar Yamaha Motogp, Maverick Vinales mencatat waktu tercepat dalam dua hari terakhir.

Ketika tes, pembalap berusia 22 tahun tersebut tidak menggunaka­n motor dengan sistem aerodinami­ka pada ‘fairing spesial’ Yamaha tersebut. Tim lebih memusatkan pengembang­an mesin dan daya kerja suspensi terhadap ban pada YZR-M1 milik Vinales.

Akhirnya torehan waktu 1:28,549 milik MV25 di hari penutup menjadi catatan waktu tercepat sepanjang tes. “Cepatnya alur balap yang dilakukan Maverick ( Vinales) membuktika­n kalau dengan settingan lama, YZR-M1 masih bisa mendapatka­n catatan waktu yang optimal. Bahkan ban bisa lebih awet di trek berkarakte­r high

speed seperti di sini (Phillip Island),” papar Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha Motogp.

Alur balap MV yang cepat pun menjadi pusat perhatian. Sebab gaya balapnya saat di sirkuit sepanjang 4,4 km tersebut lebih bagus dan optimal dibandingk­an ketika ia masih membela Suzuki tahun lalu.

KESAL

Hal ini mengundang perhatian juara dunia Motogp 2016, Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda Team tersebut mengaku sampai mengikuti racing line yang dilakukan Vinales pada tes hari pamungkas.

“Saya mencoba melakukan run panjang dan melakukan simulasi balap. Pada saat simulasi balap yang kedua (di hari terakhir) saya lihat dia ( Vinales) juga melakukann­ya. Saya mencoba mengejarny­a sebagai tandem. Ternyata racing line dan titik pengereman­nya sangat akurat,” ungkap Marquez yang memperbaik­i catatan waktunya di pengujung tes.

Namun hal ini sempat membuat kondisi persaingan dua pembalap Spanyol ini memanas. Sebab Maverick Vinales tidak begitu suka saat Marquez membuntuti­nya, meski dengan jarak yang tidak terlalu dekat.

“Mungkin ini hal yang normal, semua orang melakukan simulasi balap saat itu dan kita tidak bisa mengelak. Namun selama beberapa lap, ia (Marquez) terus membuntuti saya di trek sepanjang 4,4 km tersebut,” Vinales menjelaska­n.

“Ketika saya mengganti ban, ia pun melakukan hal yang sama hingga kita melakukan simulasi balap selanjutny­a. Akhirnya persaingan di trek pun makin menyenangk­an, seperti balap sungguhan,” pungkas pacar Kiara Fontanesi tersebut.

Namun, perlu digarisbaw­ahi juga, bahwa hasil tes dengan balap sesungguhn­ya akan sangat berbeda.

 ??  ?? Yamaha Racing Official
Yamaha Racing Official
 ?? Repsol media service ?? Alur balap Vinales mencuri perhatian Marc Marquez.
Repsol media service Alur balap Vinales mencuri perhatian Marc Marquez.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia