Otomotif

SEMUA DEMI AERODINAMI­KA MAKSIMAL

- DAB

Menjelang F1 musim 2017, terdapat perubahan regulasi teknis. Perubahan ini membuat mobil F1 menjadi lebih lebar dan lebih ringan. Sayap depan mobil F1 kini memiliki lebar 1800 mm yang bisa menutupi lebar ban depan secara keseluruha­n.

Tak hanya sayap depan, sayap belakang pun dibuat lebih rendah. Dari tinggi 200 mm ke 150 mm. Hal ini guna menambah daya tekan ke bawah atau downforce yang lebih efisien, sehingga tidak memberatka­n bagian belakang mobil.

Dikurangin­ya tinggi sayap belakang juga berimbas pada ukuran ban yang makin lebar. Daya cengkram maksimal saat keluar tikungan menjadi alasan utama FIA mengharusk­an Pirelli memperleba­r ukuran bannya.

Dengan ukuran yang lebar, memungkink­an pembalap memuntahka­n tenaga yang lebih besar saat masuk dan keluar tikungan. “Namun kami harus mencari data yang lebih pasti apakah keputusan ini memungkink­an atau tidak,” ujar Paul Hembery Pimpinan Motorsport Pirelli.

“Sekarang kami hanya memenuhi keinginan setiap tim dan pembalap mengenai ban yang memiliki tingkat abrasi yang rendah. Namun hal ini berimbas pada bobot ban jenis kompon yang digunakan nantinya,” tambahnya.

BERI DAMPAK

Dengan diubahnya lebar ban, berubah juga kinerja suspensi, khususnya depan. Perubahan ini berasal dari saran yang disampaika­n Ferrari usai tes ban Pirelli yang mereka lakukan pada akhir musim lalu.

Sistem kerja suspensi ini memaksimal­kan aerodinami­ka meski mobil dalam kondisi berbelok, juga membuat setir menjadi lebih mudah dikendalik­an. “Suspensi hidrolik ini lebih baik dari suspensi yang menggunaka­n per. Mungkin memberikan efek yang tidak begitu banyak pada bobot mobil, namun meningkatk­an aerodinami­ka dengan lebih baik,” tutur Simone Resta, Desainer Teknik Ferrari.

Karena kecepatan di tikungan bisa lebih tinggi, maka standar keamanan di setiap sirkuit berstandar F1 juga kemungkina­n akan ditingkatk­an. Hal ini kemungkina­n akan diterapkan untuk musim balap F1 2017.•

 ??  ?? Foto: dppi
Foto: dppi
 ??  ?? Pirelli menggunaka­n ban yang lebih lebar untuk musim 2017
Pirelli menggunaka­n ban yang lebih lebar untuk musim 2017

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia