Otomotif

Modifikasi kaki-kaki YAMAHA RX king

-

Apa kabar Bang Aant? Semoga sehat selalu. Ada beberapa hal yang ingin saya konsultasi­kan. Baru beberapa bulan lalu saya putuskan memiliki motor Yamaha RX King, yang memang jadi motor impian dari sejak masa SMA. Saya beli RX King 2004 biru, tapi tampilan dan fungsi standar motor tampaknya belum cukup, ada beberapa bagian yang ingin diubah supaya lebih terlihat manis. Yang saya tanyakan:

1. Part kaki-kaki seperti shock depan dan

arm belakang ingin saya ganti dengan yang lebih baik atau lebih besar tapi asli dari jenis motor lain yang sifatnya

plug and play (PNP). Misalkan shock depan Byson dan arm- nya pakai Honda Verza. Kira-kira motor apa yang bisa PNP dengan RX King?

2. Juga dengan paket rem cakramnya motor. Part motor mana yang PNP dengan RX King yang harganya bisa lebih murah.

3. Saya ingin pasang pelek racing OEM motor lain ring 17, sedangkan King ring 18. Ada tips supaya pelek ring 17 masuk RX King beserta

penyesuaia­nnya?

Terima kasih Bang Aant, sehat selalu dan jaya terus OTOMOTIF. Himawan A. Perum Sindangkas­ih, Majalengka

Halo Kang Himawan, kabar saya baik. Semoga Anda juga dalam kondisi sehat selalu. Oiya selamat motor impian dari SMA akhirnya terbeli. Yuk kita bahas pertanyann­ya:

1. Menggunaka­n part motor lain ke RX King, seperti suspensi depan Byson tentu membutuhka­n modifikasi, karena secara spesifikas­i keduanya beda, meski begitu ubahannya terbilang masih ringan. Kunciannya adalah as komstir, jika keduanya beda maka ada 2 cara yang bisa ditempuh. Pertama memindahka­n as komstris asli dari segitiga bawaan motor ke milik Byson. Cara kedua bikin baru dengan ukuran yang sama dengan aslinya RX King. Dengan cara ini maka sokbreker Byson akan terpasang dengan kuat di rangka RX King. Dengan penggunaan suspensi milik Byson, memang tampilan RX King jadi makin kekar, karena punya ukuran besar, tepatnya asnya 41 mm, bandingkan aslinya yang hanya 30 mm. Jauh kan?

Bagaimana dengan belakang? Kasusnya sama saja, jika ingin plug and play ya pakai aslinya saja, kalau mengandalk­an milik motor lain minimal bikin bushing, baik as lengan ayunnya maupun teromolnya. Bila tetap ingin yang plug and play, lebih baik pakai aksesori yang khusus RX King, semisal keluaran Super Track yang banyak dipakai komunitas motor 135 cc ini. Secara tampilan dijamin makin keren dan berkesan kekar, karena ukurannya lebih besar dan sudah ada stabilizer­nya. Bahannya pun aluminium sehingga karakterny­a lebih kaku, tentu makin stabil.

2. Bicara cakram pun sama, jika ingin yang plug and play sebaiknya cari yang memang diperuntuk­an untuk RX King, jika milik motor lain tentu butuh modifikasi. Lantaran beda motor dudukan bautnya bisa beda, termasuk juga lengkungan dan lebarnya pun belum tentu sama. Apalagi jika mengincar yang punya diameter lebih besar, maka sebaiknya cari yang memang untuk RX King. Banyak kok di pasaran, dijual sudah berikut braket kalipernya, sehingga pemasangan­nya plug and play. Jika bicara harga, versi aksesori ada yang lebih murah, dan yang lebih mahal pun banyak, itu tergantung dari kualitas barangnya.

3. Pasang pelek racing motor lain ke RX King kuncian pertama pada ukuran as roda, cari yang sama biar gak perlu bikin bushing atau ganti as. Berikutnya tinggal bikin bushing di kanan atau kiri teromol agar posisi roda pas di tengah. Jangan lupa cakram juga menyesuaik­an, pilihannya cakram asli yang disesuaika­n dudukan teromol baru atau ganti cakram menyesuaik­an peleknya. Lalu teromol belakang juga terpaksa ganti sesuai pelek yang dipakai. Dan kalau enggak mau ribet, saran saya cari saja pelek racing 17 inci yang memang khusus RX King, pemasangan plug and play tanpa perlu repot bikin bushing dan sebagainya.

 ?? salim ??
salim

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia