Otomotif

audio di atas ruang

- Sano

S ebelum ini pakai Mazda CX-5 yang dirombak audionya juga. Ingat sempat enggak kuat tanjakan karena audio di bagasi terlalu berat, hehehe,” guyon Richard Leonard, pemilik Toyota Camry keluaran 2010.

Seperti belum belajar, sedan mewahnya itu pun kini mendapat

treatment yang sama. Lihat saja cup holder depan dan fungsi bagasi belakang yang hampir tak bisa terpakai.

Namanya hobi tak bisa disalahkan. Toh ada maksudnya Camry 2.4 V miliknya tersebut dibawa ke workshop Dynamics Auto Sound di Kemayoran, Jakarta Utara. “Beliau inginnya dibuatkan sistem yang mendetail,

musical dan punya low bass,” ujar Suryadi Susanto, punggawa gerai tersebut.

Langkah awal, dimulai dari pilihan speaker di depan. Kini ada dudukan raksasa untuk midbass, yang terpaksa menghilang­ka fungsi cup holder dan

Beberapa bagian audio yang membutuhka­n totalitas membuat ruang kabin harus dikorbanka­n

storage lain di pintu. Tujuannya, demi mendapatka­n suara midbass lebih naik, sehingga nyambung dengan output dari tweeter dan midrange. Lebih ekstrem lagi, tiap speaker tersebut dipasangka­n ke masing- masing satu amplifier 2- channel, alih-alih menggunaka­n satu 4- channel untuk semua.

“Dengan menggunaka­n 3 power Genesis Dual Mono seperti ini untuk tiap midbass, midrange dan tweeter bisa membuat output- nya lebih bertenaga. Power supply-nya pun lebih baik karena bisa sendiri per driver,” tambah Suryadi, sang instalatur.

Meski begitu, bukan 3 amplifier ini yang memakan tempat di bagasi, melainkan subwoofer Ground Zero 12 incinya. Dibuatkan dudukan di tempat ban serep, volume 40 liter yang dibutuhkan boks membuat permukaan bagasi menjadi tidak rata.

“Sebenarnya bisa dibuat rata naik, tapi konsekuens­inya amplifier Genesis dan Ground Zero di samping dan di belakang jadi terlihat tidak rata,” tambah Suryadi.

Wah, jangan sampai ruang penumpang belakang hilang juga, Pak!

 ?? foto:rian ??
foto:rian
 ??  ?? Kejar volume boks subwoofer 40 liter, sengaja tak dibuat rata sehingga kini sulit untuk memasukkan barang besar seperti koper atau tas golf
Kejar volume boks subwoofer 40 liter, sengaja tak dibuat rata sehingga kini sulit untuk memasukkan barang besar seperti koper atau tas golf
 ??  ?? Sengaja dibuatkan 3 USB Port tambahan untuk charge smartphone, menyetel musik via USB dan mirroring ke HU. Detail!
Sengaja dibuatkan 3 USB Port tambahan untuk charge smartphone, menyetel musik via USB dan mirroring ke HU. Detail!
 ??  ?? Cup holder termakan berkat door trim yang dibuatkan dudukan midbass Ground Zero yang besar
Cup holder termakan berkat door trim yang dibuatkan dudukan midbass Ground Zero yang besar
 ??  ?? Kejar suara ideal, pilih 3 amplifier 2- channel dibanding satu unit 4- channel
Kejar suara ideal, pilih 3 amplifier 2- channel dibanding satu unit 4- channel
 ??  ?? Head unit sengaja pilih yang dioptimalk­an untuk smartphone mirroring
Head unit sengaja pilih yang dioptimalk­an untuk smartphone mirroring

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia