Otomotif

JILID Baru MOBIL Made In Dalam negeri

- Iday

Banyak sudah jilid yang kita miliki tentang kisah pembuatan mobil buatan Indonesia yang pernah muncul dalam sejarah otomotif negeri ini. Namun ujungnya bisa kita lihat sendiri, hanya terealisas­i dalam skala kecil jika tidak mati. Seakan, membangun industri mobil dalam negeri adalah teknologi langit yang takkan mampu kita kuasai.

Namun jilid baru mobil produksi lokal mulai kembali berkumanda­ng. Kali ini bernuansa pedesaan dengan profil yang juga tidak terlalu muluk. Yakni alat angkut yang memiliki fungsi lain berhubunga­n dengan pekerjaan di pedesaan.

Menariknya, konon proyek ini didorong langsung oleh pemimpin negeri sehingga memiliki daya dorong realisasi yang tinggi. Di samping, para pemain otomotif Indonesia dari Jepang tak begitu saja ditinggalk­an. Ssst, ini juga salah satu kuncinya lo.

Sinyalemen­nya, pabrikan besar Jepang siap mensuplai teknologi untuk kendaraan pedesaan ini meski secara desain dan rancangan teknis benar-benar digenggam putra-putri Indonesia. Namun setidaknya, kali ini kita mampu mengerahka­n kekuatan dari dalam negeri untuk mewujudkan sebuah moda transporta­si multiguna. Ya, kita doakan saja semoga terwujud.

Ngomong-ngomong, OTOMOTIF terus menempel ketat kelahiran mobil ini. Banyak sih infonya, tapi kita buka satu persatu. So, ikuti terus ya infonya.

Lalu apa yang lagi ramai di pekan ini? Masih dari ranah roda dua, segmen sport 150 cc menggeliat. Seperti Anda lihat, Suzuki dan Yamaha menggelar tes berdekatan beberapa waktu lalu. Dengan posisi, Yamaha belum merilis ke konsumen sementara Suzuki sudah mendeliver­y GSX-R150.

Sementara itu, minggu ini tengah sibuk tim-tim balap Formula 1 maupun Motogp. Timtim F1 satu persatu melaunchin­g mobil dan pembalapny­a sementara tim-tim Motogp menggelar tes di Australia. Akankah ada kejutan di seri pertama nanti? Semoga saja. •

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia