Otomotif

MOBIL AN PEDESA MULAI ANDANG BERKUM

-

Seperti diberitaka­n pada edisi lalu, mobil pedesaan yang diwacanaka­n Pemerintah, melalui Institut Otomotif Indonesia (IOI) dibawah mandatory Kementeria­n Perindustr­ian bakal mengaspal tahun ini. Tentu bikin penasaran. Beruntung OTOMOTIF sempat bertemu dengan I Made Dana Tangkas, President IOI.

Konsep mobil pedesaan tersebut ada dua, yakni skema 2A dan 2B. Skema 2A lebih simpel dari segi desain. “Saat ini tengah dalam proses pengembang­an,” jelas I Made Dana Tangkas, yang ditemui di salah satu resto bilangan Jaktim (15/02).

Kedua skema punya platform yang sama, yakni kendaraan niaga pikap. Nah, bedanya adalah pada vendor yang terlibat pada skema 2A dan 2B. “Skema 2A melibatkan vendor-vendor swasta. Jadi nanti ada akademisi dan universita­s, perusahaan karoseri, BUMD milik pedesaan setempat, produsen komponen mobil, perusahaan produsen akseoris mobil, hingga bengkel-bengkel mobil di pedesaan,” beber pria yang akrab disapa Made.

Kedua skema mobil pedesaan diproyeksi­kan untuk mengakomod­ir lintas vendor, yakni ABGC ( Academic, Bussiness, Government and Community). Lebih lanjut tentang skema 2B, akan melibatkan pabrikan otomotif yang sudah eksis di Indonesia. “Toyota sudah ditawari Pemerintah. Dalam hal ini akan membantu membuat prototype 2B,” lanjutnya.

Pun begitu dengan pabrikan lainnya, seperti Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Nissan dan sebagainya. Namun bukan berarti nantinya ada ketimpanga­n, pihaknya bersama pemerintah akan berlaku adil untuk kedua skema. “Kita sudah MOU (Memorandum of Understand­ing) dengan 22 perguruan tinggi, ini menjadi gambaran bahwa ABGC bersatu padu, bukan branding Toyota, Daihatsu, Suzuki dan sebagainya,” tegas Made. •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia