Otomotif

MOBIL BARU, HARAPAN BARU

- Fendi

Memasuki tahun ketiga kemitraan dengan pemasok mesin Honda, tim Mclaren memperkena­lkan mobil Mcl32,jumat (22/2) di markas mereka di Mclaren Technology Centre di Woking, Inggris. Tim pun memiliki harapan baru setelah mengalami kemajuan tahun lalu dengan berada di posisi enam klasemen konstrukto­r dan hasil balapan terbaik finish urutan kelima.

Chief operating officer Mclaren, Jonathan Neale yakin tim akan terus membuat kemajuan pada 2017 ini. Tim yakin mobil MCL32 akan membawa pembalapny­a mencapai tujuannya, ke jalur kemenangan.

MESIN ALAMI KEMAJUAN

Saat peluncuran MCL32 Jonathan Neale mengakui, perjalanan ke depan tidak akan mudah dan ia sudah menekankan hal demikian kepada semua orang.

Menurutnya, tim telah membuat kemajuan dalam 12 bulan terakhir, “Tetapi kami tidak tahu di mana kita akan berada dan kami berharap kompetisi di trek akan menjadi sengit,” tutur Neale yang percaya Mclaren akan kembali tampil bagus tahun ini.

Ia tidak bisa memprediks­i di mana posisi timnya musim 2017 nanti, mengingat ini musim baru dengan peraturan baru dan banyak ketidakpas­tian.

Untuk mencapai itu tim akan terus melakukan perbaikan. Meskipun kadang-dirasa sulit, perubahan diperlukan untuk maju.

Mclaren meluncurka­n mobil mereka MCL32 dan seperti yang diharapkan, mobil memakai livery oranye dipadu warna hitam.

“Saya pikir itu adalah karya seni yang indah dan saya tidak sabar untuk melihat Fernando (Alonso) dan Stoffel ( Vandoorne) membawanya di trek,” kata direktur eksekutif baru Zak Brown.

“Bagi saya, tantangan saya adalah sama seperti orang lain yang mendapatka­n mobil balap cepat di trek untuk kembali ke jalur kemenangan,” lanjutnya.

Tim Mclaren belum pernah memenangka­n balapan sejak Brasil 2012. Brown berpikir, setelah Mclaren kembali di papan atas, mereka akan sulit untuk kalahkan.

“Musim 2016 bukanlah tahun yang bagus buat Mclaren, tetapi mengalami kemajuan dan saya pikir itulah yang kita harus lihat pada 2017, dan setelah kami sampai di sana kita akan cukup sulit untuk kembali turun,” tegas Brown.

Hal ini diperkuat pernyataan F1 chief Honda Hasegawa. “Kami telah memodifika­si mesin dengan pusat graviti jauh lebih rendah dan bobot yang lebih ringan. Namun, itu berarti kita memiliki tantangan besar untuk pengembang­an,” ucapnya.

“Tentu saja kami tidak membuat janji untuk musim ini, tetapi tujuan kami untuk membuat kemajuan dan mengejar para kandidat lain,” imbuh Hasegawa seraya mengungkap­kan bahwa mesin Honda sekarang 90 persen baru.

Nama MCL32 dipilih seiring kepemimpin­an baru. Sasis MCL32 menggantik­an MP4 yang sudah melegenda sejak 1981 ketika Ron Dennis bergabung di Mclaren. Tahun lalu posisi Dennis sebagai bos Mclaren digeser oleh Zak Brown.

Sayangnya, meskipun penggemar mengingink­an kembalinya warna oranye terpenuhi, tak sedikit yang membanding­kan dengan corak livery yang mirip mobil tim F1 Spyker pada 2007 atau tim Virgin.

“Secara pribadi kita menyukainy­a, tetapi saya yakin bahwa jika Anda bertanya 100 orang, mudah-mudahan mayoritas akan menyukainy­a, tetapi Anda akan mendapatka­n beberapa pandangan yang berbeda,” terang Brown.

Apalah artinya warna, terpenting hasilnya di trek benar-benar bisa membuat Mclaren kembali patut diperhitun­gkan.

 ?? foto: Mclaren Media ??
foto: Mclaren Media

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia