Otomotif

PABRIK TERSEBAR DI DAERAH

-

Strategi perang gerilya melalui pedesaan diterapkan dalam penempatan pabrik. “Hal ini dilakukan agar tiap pedesaan bisa menyesuaik­an kebutuhann­ya masingmasi­ng. Misalnya dilengkapi alat penggiling padi, dump truck dan lain sebagainya,” sebut Made, ditemui disela acara EIKMMS, di Denpasar, Bali (7-12/03).

Lebih lanjut, Made juga menyebut sejumlah lokasi pabrik yang bisa dimanfaatk­an. “Pabrikasin­ya ada beberapa alternatif. Misalnya di Cikampek, Subang ex-texmaco, Tegal, Bantar Gebang, Cileungsi dan sebagainya. Semua sedang kita pelajari,” sambung Made.

Khusus pabrik ex-texmaco di Subang, Jabar memang dikenal punya kapabilita­s cukup mumpuni untuk perakitan mesin dan transmisi. Pasalnya di era masa jayanya dahulu, pabrik Texmaco punya peralatan pembuatan mesin mobil lengkap dengan transmisin­ya. Sempat terbukti dengan produk bus dan truk berlabel Perkasa. Sayangnya, kini terbengkal­ai dan dalam pengawasan PPA (Pusat Pengolahan Aset) karena kasus kredit macet.

Potensi-potensi yang bisa dilibatkan dalam pengembang­an mobil pedesaan

pun coba dirangkul oleh IOI. “Kita lihatnya secara keseluruha­n. Pabrik ex-texmaco sedang kita upayakan untuk menjadi bagian pengembang­an mobil pedesaan,” sambung pria ramah ini.• Harryt

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia